Soloraya
Jumat, 14 Agustus 2015 - 01:45 WIB

PERAYAAN HUT RI : KAI Gratiskan Prameks-Railbus

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi KA Prameks (Dok/JIBI/Solopos)

Perayaan HUT RI dibarengi dengan PT KAI yang menggratiskan Prameks dan Railbus Batara Kresna.

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggratiskan tiket Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) dan Railbus Batara Kresna pada Senin (17/8/2015), pada pemberangkatan pukul 08.00 WIB-17.00 WIB.

Advertisement

Sementara itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang transportasi lainnya juga memberikan promo berupa potongan harga kepada calon penumpang pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Republik Indonesia (RI).

Corporate Communications Manager PT KAI Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Gatut Sutiyatmoko, mengatakan Program Merdeka dilakukan untuk mendukung program Kementerian BUMN bertema BUMN Hadir untuk Negeri.

“Calon penumpang bisa mendapatkan tiket seharga Rp0 [gratis] di stasiun pada keberangakatan pukul 08.00 WIB-17.00 WIB untuk KA PSO [public service obligation] atau subsidi, yakni KA Prameks dan Railbus Batara Kresna,” ungkap Gatut saat dihubungi Solopos.com, Kamis (13/8/2015).

Advertisement

Dia mengatakan pembelian tiket KA lokal dilayani di stasiun pemberhentian KA Prameks, yakni di Stasiun Solo Balapan, Purwosari, Klaten, Maguwo, Lempuyangan, Yogyakarta, Wates, Jenar, dan Kutoarjo. Sedangkan tiket Railbus Batara Kresna dilayani di Stasiun Purwosari, Solo Kota, Sukoharjo, Pasar Nguter, dan Wonogiri. Pelayanan penjualan tiket gratis ini dilayani tiga jam sebelum keberangkatan.

Load Factor Tinggi
Dia menjelaskan waktu penggratisan tiket dilakukan di waktu penumpang ramai sehingga diharapkan semakin banyak penumpang yang bisa memanfaatkan layanan tersebut. Apalagi saat libur panjang biasanya penumpang naik dengan load factor naik hingga lebih dari 100%, terutama untuk KA lokal.

“Load factor KA lokal masih bisa ditoleransi atau batas aman hingga 150%. KA Prameks dengan rangkaian KA warna kuning maksimal bisa mengangkut 850 orang sedangkan yang menggunakan rangkaian KA berwarna merah maksimal 480 penumpang. Oleh karena itu, kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas ini dan load factor bisa maksimal,” ujar Gatut.

Advertisement

Sementara meski masuk PSO, KA Kalijaga rute Solo-Semarang belum mengikuti program tiket gratis. Hal ini karena load factor kereta ini masih sangat minim. Berdasarkan keputusan kantor pusat, tiket gratis hanya diberikan kepada KA yang banyak diminati masyarakat.

Sementara itu, Garuda Indonesia juga memberi diskon hingga 70% untuk keberangkatan Senin. General Manager PT Garuda Indonesia Branch Office Solo, Supriyono, mengatakan diskon tersebut diberikan kepada guru, veteran, tentara, dan PNS.

Dia juga mengungkapkan sejak arus mudik Lebaran hingga saat ini jumlah penumpang masih cukup tinggi dengan seat load factor (SLF) 85%. “Selama long weekend ini permintaan sangat tinggi, yakni diatas 90%,” kata dia saat ditemui secara terpisah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif