Jateng
Jumat, 14 Agustus 2015 - 20:50 WIB

IBADAH HAJI : Pemkot Pekalongan Berikan Vaksin Meningitis kepada Calon Haji

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters )

Ibadah haji akan diikuti sejumlah calon haji dari Pekalongan.

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN-Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, memberikan suntikan vaksin meningitis terhadap para calon haji yang telah siap diberangkatkan ke Arab saudi.

Advertisement

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Tuti Widayanti di Pekalongan, Jumat (14/8/2015), mengatakan pemberian suntikan vaksin ini sebagai upaya mencegah para calon haji tertular penyakit.

“Sebanyak 390 calon haji sudah mendapatkan suntikan vaksin meningitis sebagai upaya mencegah mereka tertular penyakit yang relatif cukup berbahaya,” katanya.

Ia mengimbau bagi calon haji yang belum mendapatkan suntikan vaksin meningistis diharapkan menyempatkan diri ke puskesmas untuk mendapatkan pengobatan.

Advertisement

“Kami imbau pada para calon haji melakukan suntik vaksin meningitis, satu minggu sebelum waktu keberangkatan ke Arab Saudi,” katanya.

Ia mengatakan vaksin maningitis merupakan obat penawar penyakit yang wajib disuntikan bagi para calon haji. Ketentuan internasional, suntikan vaksin itu wajib bagi calon haji agar tidak terkena virus maningitis yang tersebar di wilayah Arab Saudi.

“Lebih baik mencegah daripada terlanjur tertular virus meningitis yang relatif cukup berbahaya bagi jiwa manusia,” katanya.

Advertisement

Ia menambahkan selain mendapatkan suntikan vaksin, para calon haji juga diimbau bisa menjaga kesehatan dan pola makan karena kondisi cuaca di Arab Saudi dengan Indonesia berbeda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif