News
Kamis, 13 Agustus 2015 - 20:00 WIB

RESHUFFLE KABINET JOKOWI : Tedjo Dicopot, Nasdem Janji Tak Minta Jatah Menteri

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Surya Paloh dan Jokowi (JIBI/Solopos/Antara/Reno Esnir)

Reshuffle kabinet Jokowi-JK membuat Tedjo Edhy Purdijatno keluar dari kabinet.

Solopos.com, JAKARTA — Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tidak akan meminta tambahan jatah menteri di Kabinet Kerja setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot kadernya dari posisi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Advertisement

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, mengatakan partai politik yang dipimpinnya akan tetap mendukung pemerintah yang telah menyatakan komitmennya kepada masyarakat. Pencopotan Tedjo Edhy Purdijatno sebagai Menko Polhukam tidak mempengaruhi sikap partai untuk terus menjaga kepentingan bersama.

“Esensinya bagaimana mengantarkan kepentingan bersama, agar pemerintahan menjadi lebih efektif dan kuat,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/8/2018).

Surya Paloh menuturkan sejak awal, Partai Nasdem berkomitmen untuk mengedepankan kepentingan yang lebih besar. Dia pun menyebut sikap partai politik yang selalu menuntut haknya, tanpa melaksanakan kewajibannya, merupakan tindakan yang tidak tepat.

Advertisement

Dia juga sebelumnya mengatakan Partai Nasdem mengerti dan menerima keputusan Presiden untuk mencopot kadernya. Menurutnya, hal tersebut merupakan konsekuensi dari jabatan yang telah dipercayakan kepada kadernya.

Seperti diketahui, Tedjo Edhy Purdijatno merupakan Menko Polhukam yang berasal dari Partai Nasdem. Posisinya kemudian digantikan oleh Luhut Binsar Panjaitan yang sebenarnya sudah menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Selain Tedjo yang sudah dicopot dari posisi Menko Polhukam, Partai Nasdem masih memiliki kader di kabinet. Mereka adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Agraria danan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, dan Jaksa Agung Prasetyo.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif