Sport
Kamis, 13 Agustus 2015 - 22:00 WIB

GP SERIES 2015 : Jokowi Dorong Rio Haryanto Masuk F1, Tapi Terbentur Dana

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (JIBI/Harian Jogja/Antara)

GP Series 2015 masih menjadi kompetisi yang diikuti Rio Haryanto. Pemerintah mendorongnya untuk naik kasta ke F1.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung penuh upaya pembalap Indonesia Rio Haryanto bisa naik kelas level Formula 1 (F1). Jika mampu, pembalap GP Series 2015 itu bisa menjadi ajang promosi Indonesia di kancah internasional.

Advertisement

Presiden Jokowi meminta kepada Menteri BUMN Rini Soemarno yang punya jaringan luas di kalangan pebisnis untuk mencari sokongan dana bagi Rio Haryanto. Selama ini, baru Pertamina yang menjadi sponsor tunggal Rio di GP Series 2015.

“Mudah-mudahan untuk F1 tidak hanya Pertamina karena memiliki aspek promosi internasional kita dorong,” ujar Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto seusai mendampingi Rio Haryanto bertemu Presiden Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (13/8/2015).

Pertamina, lanjut Dwi, tahun ini memberi dukungan anggaran kepada Rio Haryanto sebesar 1,7 juta euro atau kurang lebih Rp30 miliar disesuaikan kurs sekarang untuk berlaga di GP Series 2015. Angka itu masih jauh dari budget masuk level F1 sehingga perlu dukungan dana lebih besar.

Advertisement

Rio mengatakan untuk kerjasama kontrak dengan tim papan tengah dan papan atas di level F1 butuh dana sekitar 15-20 juta euro. Saat ini, sudah ada tiga tim yang mengajukan penawaran kepada dirinya, namun pembalap asal Solo itu belum mau bicara.

“Ada tiga tim, saya masih belum bisa bilang siapa tiga ini tapi sudah ada tawaran dari mereka. Mudah mudahan ada berita baik dua tiga bulan mendatang ini,” jelas pembalap Campos Racing tersebut.

Dari tiga tim itu memiliki budget yang berbeda, sehingga wajar jika tim bagus akan butuh dana lebih besar karena membangun mobil lebih baik dan teknisnya lebih banyak. Rio masih akan menyelesaikan kompetisi GP2 atau GP Series 2015 yang tersisa lima seri lagi. Pria asal Solo ini sudah tiga kali memuncaki podium di seri Bahrain, Austria dan Inggris.

Advertisement

“Saya menargetkan masuk F1 tahun depan meskipun masih ada lima seri lagi saya akan berjuang, terus mendapatkan poin, dan mudah-mudahan bisa mengumandangkan Indonesia Raya,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif