News
Rabu, 12 Agustus 2015 - 20:45 WIB

TAHUKAH ANDA? : 8 Merek Ini Telanjur Dikira Nama Barang

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasta gigi merek Odol (Istimewa)

Tahukah Anda? kali ini membahas delapan merek dagang yang sudah lekat jadi nama barang.

Solopos.com, SOLO – Sejumlah merek yang dikenal di masyarakat terkadang melekat pada suatu barang tertentu. Seperti merek Aqua yang selalu diasosiasikan menjadi air putih kemasa atau merek penghapus pulpen yang selalu disebut Tipp Ex.

Advertisement

Merek-merek ini tak jarang membuat nama merek lain tenggelam. Sebuah acara televisi dalam siaran langsung biasanya juga kecolongan dengan pernyataan narasumber yang tak jarang menggunakan nama merek ini untuk menunjuk barang tertentu.

Misalnya, dalam siaran yang melibatkan pengungsi korban bencana sebagai narasumber. Kadang, merek pembalut Softex dan Indomie, yang memang sering dijadikan pasokan sumbangan, tak sengaja diucapkan dalam siaran langsung.

Diramu Solopos.com dari berbagai sumber, inilah sejumlah merek yang terlanjur melekat menjadi nama barang;

Advertisement

Aqua

Air minum kemasan atau air mineral apapun mereknya terkadang hanya akan disebut dengan nama “Aqua”. Bahkan ketika air minum kemasan tak sebanyak sekarang, beberapa merek sengaja membuat kemasan dan nama yang mendekati Aqua.

Logo baru Aqua Danone yang diluncurkan di Jakarta, Kamis (21/2/2013). (JIBI/Bisnis Indonesia/Reni Efita Hendry)

Odol

Advertisement

Tahukah Anda, Odol adalah sebuah merek pasta gigi yang cukup terkenal di Eropa? Odol adalah merk pasta gigi yang memang sudah ada sejak lama sehingga terlanjur melekat di hati penggunanya.

Pasta gigi merek Odol (Istimewa)

Merk pasta gigi ini kali pertama diproduksi di Jerman yang mulai terkenal di seluruh daratan Eropa semenjak era 1990-an. Meskipun sudah tidak dijual di Indonesia, merk ini sepertinya tetap meninggalkan kesan yang mendalam ya buat para pengguna pasta gigi!

Softex

Advertisement

Sebagian besar masyarakat Indonesia menyebut pembalut dengan sebutan softex (kadang-kadang soptek). Padahal, Softex adalah salah satu merk pembalut wanita yang memang sudah ada sejak zaman dulu.

SELANJUTNYA …..

Vespa

Motor scooter yang lahir sekitar tahun 1940-an ini masih marak digunakan sampai sekarang. Bahkan sudah muncul beberapa klub Vespa. Namun, tahukah kamu bahwa Vespa pada awalnya adalah merk sepeda motor dengan bentuk scooter yang dikeluarkan oleh Piaggio?

Advertisement

Tipp Ex

Merek yang satu ini mungkin lebih dikenal di kalangan pelajar. Penghapus tulisan dari pulpen ini cara kerjanya adalah dengan menutup tinta pulpen dengan warna putih. Tak banyak yang mengerti bahwa Tipp Ex adalah  merek dagang dari cairan pengkoreksi tulisan dan produk terkait lainnya yang populer.

Tipp Ex

Sanyo

Merek dagang yang satu ini sudah biasa didengar oleh para ibu dan bapak rumah tangga karena ia terkenal sebagai nama mesin cuci. Padahal, Sanyo adalah merk dagang barang-barang elektronik untuk kebutuhan rumah tangga, seperti mesin air, mesin cuci, dan lain sebagainya.

Google

Advertisement

Google bahkan sempat menyindir istilah “Googling” yang lebih populer dibanding istilah-istilah lain untuk para mesin pencari. Ya, Google memang lekat dengan mesin pencari. Bahkan situs terlaris di dunia ini nyaris tak memiliki lawan sepadan.

Ilustrasi Logo Google (google.com)

Bahkan, situs-situs lain berlomba-lomba untuk muncul di mesin pencari Google. Oleh karenanya, nama Google selalu diasosiasikan sebagai situs mesin pencari.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif