News
Rabu, 12 Agustus 2015 - 10:00 WIB

SERBA-SERBI KAMPUS : Ini Aturan Sederhana Cari Teman di Semester Awal Kuliah!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Serba-serbi kampus kali ini mengulas soal trik untuk kamu yang baru saja memulai pendidikan di universitas.

Solopos.com, SOLO — Menjadi mahasiswa baru, tentu banyak hal menarik yang ingin diketahui. Dalam proses pengenalan kampus, keberadaan teman termasuk sesuatu yang penting.

Advertisement

Bersama teman baru, Anda bisa memulai eksplor diri untuk mengenal lingkungan kampus. Tahukah Anda, mencari teman di semester pertama kuliah itu gampang-gampang susah.

Bisa jadi gampang karena ribuan mahasiswa baru yang senasib sebagai orang tidak tahu apa-apa akan lebih mudah diajak berkenalan. Namun, kadang kala susah karena kita belum tahu karakter mereka dan apakah mereka akan menjadi teman yang baik.

Nah, jika Anda bersiap menyambut masa kuliah dan membuka kesempatan berteman dengan orang baru, simak tips kali ini, yang dilansir Okezone, Selasa (11/8/2015);

Advertisement

Santai
Enggak usah gugup jika bertemu orang baru. Santai saja. Jika mereka mahasiswa baru seperti Anda, tentu mereka akan merasakan kegugupan yang sama. Jika mereka senior, jangan langsung ciut. Bukalah perkenalan dengan wajar dan isi percakapan dengan tema-tema ringan sambil mengenal satu sama lain. Jangan sampai menyampaikan sesuatu yang membuat mereka malas bertemu dengan Anda lagi.

Selain itu, santai juga jika ternyata Anda enggak cocok dengan teman di hari pertama kuliah. Ada waktu empat tahun untuk mendapat teman baru dan menemukan siapa saja yang sehati dengan Anda.

Jangan Mendendam
Prinsip yang dipakai adalah “memaklumi”. Jika ada orang yang salah paham dengan Anda, jangan langsung mendendam. Coba pahami bahwa situasi kesalahpahaman itu hadir hanya karena kalian belum benar-benar saling mengenal. Cari cara agar situasi tidak mengenakkan itu tidak berlanjut, ya.

Advertisement

Jangan Menjelek-jelekkan Orang Lain
Kamu enggak pernah tahu siapa berteman dengan siapa. Jadi, sebaiknya jangan menjelek-jelekkan orang di hadapan teman yang baru kenal. Bahkan, jangan pernah menjelek-jelekkan orang lain ke siapa pun. Tidak mustahil orang yang kita ejek itu ternyata sahabat sejati si teman baru. Kalau sudah begini, tidak akan ada yang mau berteman dengan Anda.

Jangan Berharap Terlalu Tinggi
Sejalan dengan prinsip santai, enggak perlu panik jika Anda belum menemukan teman sejati di semester pertama kuliah. Sebaiknya juga, tidak perlu memasang target atau harapan terlalu tinggi. Jalani masa perkenalan dan pertemanan dengan mengalir. Sahabat sejati pun akan tiba seiring waktu.

Advertisement
Kata Kunci : Serba-serbi Kampus
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif