Soloraya
Rabu, 12 Agustus 2015 - 10:40 WIB

HARGA SAYURAN BOYOLALI : Harga Tomat Anjlok, Brokoli Melambung

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Harga tomat anjlok di Pasar Boyolali. (Kharisma Dhita Retnosari/JIBI/Solopos)

Harga sayuran Boyolali masih fluktuatif selama kemarau

Solopos.com, BOYOLALI--Harga sejumlah komoditas sayur di Pasar Boyolali kota menunjukkan pergerakan fluktuatif. Di antara sekian komoditas, perbedaan kontras tampak pada harga tomat yang anjlok dan brokoli yang melambung.

Advertisement

Pedagang Pasar Boyolali, Daryanti, 27, mengatakan di tengah anjloknya pasaran tomat pascapanen raya di sejumlah wilayah Boyolali, harga jual brokoli di Pasar Boyolali justru melonjak akibat keterbatasan stok.

Menurut dia, 1 kilogram (kg) tomat berkualitas bagus harga jualnya di pasaran hanya berkisar Rp2.000 per kg. Berbanding terbalik dengan tomat, sudah empat hari harga jual brokoli melambung dari Rp7.000/kg-Rp10.000/kgmenjadi Rp13.000 per kg. Tak hanya brokoli, harga kembang kol pun juga mengalami kenaikan serupa, dari Rp7.000/kg menjadi Rp13.000 per kg.

Dia menambahkan meski sejumlah komoditi sayur-mayur lainnya juga mengalami kenaikan harga, namun kenaikan tersebut diakuinya masih dalam batasan wajar dengan pasokan dan fluktuasi yang relatif stabil.

Advertisement

“Sayuran lainnya sedikit banyak juga naik-turun, tapi masih nomal dan sudah biasa karena selisihnya hanya sedikit. Tapi  khusus brokoli dan kembang kol, selain naiknya tinggi, pasokannya juga sementara ini  enggak banyak. Beda sama tomat, saking banyaknya, harga sampai anjlok,” tutur dia saat dijumpai Solopos.com di Pasar Boyolali, Selasa (11/8/2015).

Hal senada disampaikan pedagang sayur lainnya, Sulastri, 60. Menurutnya, selain ukuran tomat yang dominan kecil, panen raya di sejumlah wilayah di Boyolali juga menjadi pemicu merosotnya harga pasaran tomat. Sementara itu, kawasan Selo yang biasa banyak ditanami brokoli dan sayuran lainnya, telah beralih ke tembakau selama kemarau.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif