Lifestyle
Selasa, 11 Agustus 2015 - 16:45 WIB

TIPS KESEHATAN : Buah Ceplukan, Si Kecil Bermanfaat Besar

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Buah Ceplukan (manfaat.co.id)

Tips kesehatan menyebutkan buah ceplukan memiliki manfaat besar bagi tubuh.

Solopos.com, SOLO — Buah ceplukan (atau disebut ciplukan) sering dijumpai di kebun. Di balik bentuk bulat dan kecilnya, buah ceplukan ternyata memiliki manfaat besar bagi tubuh.

Advertisement

Berikut sejumlah manfaat yang dimiliki buah ceplukan bagi tubuh, dikutip dari organicfacts.net, Selasa (11/8/2015):

Mencegah Kanker
Buah ceplukan memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan bermanfaat sebagai pembuatan suplemen gizi yang berguna untuk mencegah penyakit kronis tertentu dan beberapa jenis kanker. Zat karotenid dan senyawa polifenol dalam buah ini juga dapat menetralisir zat perusak yang mengubah sel sehat menjadi kanker. Penelitian telah membuktikan polifenol dapat mencegah penyebaran berbagai jenis kanker.

Teman Diet
Sebagai makanan yang rendah kalori (53 kalori per 100 gram), buah ceplukan memberikan nutrisi harian Anda, namun tidak memberikan asupan lemak negatif atau kalori ke dalam tubuh. Buah ceplukan menjadi makanan alternatif yang tepat bagi Anda yang tengah berdiet.

Advertisement

Menurunkan Kolesterol
Sejumlah orang beranggapan lemak tidak baik untuk tubuh, namun nyatanya tubuh memerlukan berbagai macam asam lemak untuk aktivitas di dalam tubuh. Asam oleat dan linoleat yang terkandung dalam buah ceplukan dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menyeimbangkan jumlah kolesterol yang menjadikan jantung tetap sehat.

Mencegah Timbulnya Sel Kanker
Withanolide merupakan senyawa yang cukup langka seperti terkandung di dalam gingseng. Buah ceplukan ternyata mengandung senyawa tersebut. Senyawa itu dapat menjadi antioksidan yang kuat, mencegah apoptosis (sel mati secara otomatis) dan memperlambat atau bahkan mencegah sel kanker di dalam tubuh.

Mengatur Kadar Gula
Beberapa senyawa dalam buah ceplukan dapat memperlambat dan mengurangi asupan gula berlebihan dari karbohidrat. Senyawa tersebut dapat mengatur jumlah gula darah yang masuk dan mengatur reseptor insulin dengan baik. Dengan begitu, buah ini menjadi metode pencegahan yang efektif dan pengobatan untuk menyembuhkan diabetes tipe II.

Advertisement

Menyehatkan Hati dan Ginjal
Buah ceplukan dapat membantu menghilangkan racun dengan merangsang buang air kecil dan mengurangi lemak, garam, dan racun berlebihan  dari tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Tingkat vitamin C di dalam satu buah ceplukan yang berjumlah 15% dari asupan harian yang direkomendasikan membuat buah ini penting bagi tubuh seseorang. Vitamin C (asam askorbat) merangsang produksi sel darah putih dan juga menjadi antioksidan. Vitamin C merupakan salah satu komponen penting dalam produksi kalogen yang berguna memperbaiki dan menghasilkan sel, jaringan, organ dan pembuluh darah.

Menyehatkan Mata
Kandungan karotenid yang tinggi dalam buah ceplukan dapat meningkatkan kesehatan mata seseorang. Karotenid menghilangkan beban stres oksidatif pada mata, mencegah perkembangan katarak, dan memperlambat timbulnya degenarsi macula sehingga menjaga mata tetap sehat.

Walaupun buah ceplukan memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh seseorang, perlu diingat bahwa memakan buah ini dalam keadaan mentah dapat menyebabkan keracunan. Selain itu, buah ini juga dapat menyebabkan alergi. Sebelum mengkonsumsinya, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif