Lifestyle
Selasa, 11 Agustus 2015 - 05:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Alasan Yodium Penting Bagi Ibu Hamil

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu hamil (Dailymail.co.uk)

Tips kesehatan kali ini mengulas soal pentingnya asupan yodium bagi seorang ibu hamil.

Solopos.com, SOLO — Sudah semestinya seorang wanita hamil menjaga asupan makanannya, demi kesehatan diri dan sang janin. Tips kali ini, Senin (10/8/2015), mengulas soal keterkaitan sejumlah manfaat dari zat yodium untuk ibu hamil.

Advertisement

Berdasarkan temuan yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Lancet Diabetes and Endocrinology, yodium merupakan suplemen makanan yang bisa membantu perkembangan otak janin.

Tak sekadar berpengaruh baik terhadap perkembangan otak janin saat dalam kandungan, asupan yodium yang dikonsumsi ibu hamil juga memengaruhi kecerdasan anak ketika si anak lahir.

Menurut penelitian para ahli di Inggris, yodium ini sangat penting di bulan pertama masa kehamilan sang ibu.

Advertisement

“Sudah saatnya bagi semua wanita yang tinggal di daerah kekurangan yodium dan sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan disarankan untuk mengonsumsi suplemen harian yang mengandung yodium. Kekuranga yodium selama kehamilan akan berdampak pada intelligence quotient [IQ],” kata Profesor Kate Jolly dari University of Birmingham, sebagaimana dilansir Dailymail, Minggu (9/8/2015).

Sementara itu, tim peneliti dari Birmingham menemukan adanya keterkaitan tingkat IQ masyarakat dengan perekonomian negara. Negara dengan masyarakat yang berdaya intelektual tinggi cenderung memliki perputaran ekonomi yang cepat karena produktivitas masyarakat tinggi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif