Jogja
Selasa, 11 Agustus 2015 - 04:20 WIB

PENATAAN KULONPROGO : PKL di Alun-alun Wates Maksimal 30 Pedagang

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pedagang kaki lima berjualan di kawasan Alun-alun Wates sisi timur, Kecamatan Wates, Jumat (7/8/2015). (JIBI/Harian Jogja/Rima Sekarani I.N)

Penataan Kulonprogo untuk Alun-alun Wates dibatasi maksimal 30 pedagang

Harianjogja.com, KULONPROGO-Ketua Paguyuban PKL Golek Menir, Supangat, mengungkapkan saat ini anggotanya ada 30 pedagang dan diperkirakan lebih dari 30 pedagang yang setiap hari berjualan di kawasan Alun-alun Wates sisi timur.

Advertisement

“Pemkab membatasi maksimal 30 pedagang. Ketika ada yang mau gabung lagi, paguyuban tidak bisa kasih jawaban,” ujarnya, Sabtu (8/8/2015)

Permohonan izin beroperasi yang harus diajukan PKL tidak rumit. Setiap pedagang hanya perlu mendaftarkan diri ke paguyuban. Data para PKL kemudian akan diserahkan kepada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kulonprogo. Data itu akan diteruskan ke SKPD lainnya.

Paguyuban juga beberapa kali diajak berdiskusi dan mendapatkan informasi mengenai rencana penataan PKL. Dalam waktu dekat, PKL akan diminta menggelar dagangan di atas saluran drainase yang mengelilingi Alun-alun Wates. Supangat berharap Pemkab Kulonprogo tidak akan menggusur karena PKL bersedia ditata selama tetap diizinkan berjualan.

Advertisement

Paguyuban PKL Makaryo pun sependapat. Mereka yang berjualan di sisi selatan kawasan Alun-alun Wates juga telah mendengar adanya rencana penataan. Mereka rela jika harus pindah dari trotoar tempatnya berjualan sekarang.

“Katanya akan dikembalikan ke fungsi trotoar yang sebenarnya. Nanti PKL bakal pindah ke seberang, di atas saluran air yang bakal ditutup. Tapi belum tahu kapan,” ungkap Ketua Paguyuban PKL Makaryo, Widyananto. Jumlah anggota PKL Makaryo telah mencapai 40 pedagang. Untuk mendaftar tidaklah susah. Cuma ada iuran Rp2.000 buat listrik dan retribusi parkir Rp1.000 per hari.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif