Jogja
Selasa, 11 Agustus 2015 - 12:20 WIB

HUT 70 Kemerdekaan RI : Veteran DIY Kirab Keliling Jogja Naik Andong

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

HUT Kemerdekaan RI dimeriahkan dengan kirab andong oleh Veteran DIY

Harianjogja.com, JOGJA-Untuk pertama kalinya, ratusan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) DIY mengikuti kirab keliling Jogja dengan andong, Senin (10/8/2015). Kegiatan ini dilakukan setelah melakukan upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) dan berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara.

Advertisement

Kirab mengambil rute TMP Kusumanegara-Jalan Sultan Agung-Jalan Hayam Wuruk-Jalan Mataram-Malioboro-Jalan Panembahan Senopati-TMP Kusumanegara.

Pengurus LVRI DIY Totot Wahyu mengatakan jumlah peserta kirab tidak sebanyak yang diperkirakan semula. “Sebenarnya banyak veteran yang ingin ikut namun akhirnya memilih pulang karena kondisi fisik tidak memungkinkan,” ujarnya. Ia menyebutkan, lebih dari 200-an veteran berpartisipasi dalam kegiatan ini dan jumlah andong yang digunakan 20 buah.

Dijelaskannya, kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan semangat nasionalisme melalui cara bersikap dan bertindak. “Yang terpenting soal kebersamaan tidak perlu membesar-besarkan perbedaan,” tuturnya.

Advertisement

Totot juga mengungkapkan usia kemerdekaan RI hampir 70 tahun harus diisi dengan perbuatan yang baik bagi kepentingan bangsa. Artinya, pemimpin tidak boleh cengeng dan masyarakat harus mengisi kemerdekaan dengan benar. “Sebenarnya itu impian para pejuang dulu,” imbuhnya.

Salah satu veteran, Kastur Brotoatmodjo, 89, meminta generasi penerus untuk berjuang demi kesejahteraan masyarakat. “Walaupun sudah merdeka dari penjajahan bangsa lain, tetapi tetap harus berjuang untuk kemajuan bangsa,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif