Teknologi
Selasa, 11 Agustus 2015 - 19:45 WIB

HASIL PENELITIAN : Peneliti Ungkap Rahasia Tidur Miring Ala Nabi Muhammad

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur miring ke kanan (istimewa)

Hasil penelitian Dr. Helene Benveniste mengungkap manfaat dari tidur miring ala Nabi Muhammad.

Solopos.com, LONDON – Hasil penelitian yang dilansir di Journal of Neuroscience mengungkap rahasia tidur miring ke kanan yang kerap dilakukan Nabi Muhammad. Ilmuwan mengemukakan, tidur miring dapat membantu seseorang mencegah Alzheimer dan penyakit neurologist lain.

Advertisement

Dilansir Dailymail, Senin (10/8/2015), penelitian ini mengacu pada studi sebelumnya yang menemukan adanya reaksi pada sistem limfatik dan otak untuk membuang racun pada tubuh selama kita tidur.

“Otak memiliki keterbatasan energi yang membuatnya berada pada dua pilihan, terjaga atau tidur. Ibarat ada pesta di rumah, kita hanya bisa membersihkan semuanya ketika semua tamu pulang, dalam hal ini ketika kita tidur,” kata Dr Maiken Nedergaard, pemimpin penelitian tersebut.

Namun, ada yang lebih penting, kata dia. Tidur pada posisi menghadap samping lebih efektif menghilangkan penumpukan racun di otak, atau dikenal sistem glymphatic.

Advertisement

Penelitian ini menambah dukungan kalau tidur ternyata meningkatkan fungsi biologis tubuh.

Rekan penulis studi, Dr Helene Benveniste mengatakan, sejumlah jenis demensia terkait dengan gangguan tidur. Dan sulit tidur ini dapat mempercepat hilangnya ingatan pada penyakit Alzheimer.

“Karena temuan ini, kami mengusulkan bahwa postur tubuh dan kualitas tidur harus dipertimbangkan,” pungkasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif