News
Selasa, 11 Agustus 2015 - 20:00 WIB

Dirjen Imigrasi Baru, Ini Fokus Utama Ronny Sompie

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Inspektur Jenderal Ronny Sompie (JIBI/Antara/Reno Esnir)

Dirjen Imigrasi baru resmi dijabat Ronny Sompie.

Solopos.com, JAKARTA — Ronny F. Sompie menyampaikan dua fokus utamanya dalam memimpin Direktorat Jendral Keimigrasian seusai dilantik menjadi Dirjen Imigrasi yang baru, Senin (10/8/2015). Dua hal yang menjadi fokus Ronny adalah peningkatan pelayanan dan penegakan hukum di bidang keimigrasian.

Advertisement

Tugas sebagai Dirjen Imigrasi tersebut tercantum pula dalam UU No. 6/2011 pasal 1 ayat 3 tentang keimigrasian. Upaya peningkatan pelayanan pelayanan keimigrasian telah dimulai dengan pembangunan 5 unit pelayanan paspor. “Ada 5 unit pelayanan paspor yang sudah dibangun.” ujar Ronny di Gedung Direktorat Keimigrasian, Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Unit pelayanan paspor tersebut tersebar di Jakarta (3), di Bandung (3), dan satu lagi di Surabaya. Lokasi penempatan unit layanan paspor berada di sentra-sentra ekonomi yang bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat.

Terkait dengan penegakan hukum, Ronny akan bekerja sama dengan berbagai lembaga dan badan terkait. “Kita bisa bekerja sama dengan semua lembaga dan badan pemerintahan terkait. Seperti Densus88 untuk terorisme, BNN untuk narkoba.” tambah Ronny.

Advertisement

Imigrasi sebagai garda terdepan yang memiliki data lalu lintas keluar masuknya manusia ke Indonesia dapat membantu berbagai lembaga untuk mengurangi kriminalitas antar negara seperti perdagangan manusia, peredaran narkoba, dan TKI ilegal.

“Data orang yang masuk ke Indonesia, Dirjen imigrasi pasti lebih dulu tahu. Jadi imigrasi bisa memberikan data kepada pihak terkait yang membutuhkan. Apakah membutuhkan pencegahan atau pencekalan. Hal ini tergantung dari kebutuhan pihak terkait tersebut.” ujar Ronny F. Sompie.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Ronny Sompie
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif