Lifestyle
Senin, 10 Agustus 2015 - 17:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Tidur Tanpa Busana: Tingkatkan Rangsangan Seksual Hingga Sehatkan Vagina

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tidur (Istimewa/Thinkstock)

Tips kesehatan kali ini membahas gaya tidur tanpa busana.tips kesehatan, tidur tanpa busana,

Solopos.com, JAKARTA — Jauh sebelum mengenal kain, manusia memang tak mengenakan busana. Meski kini pakaian telah menjadi kebutuhan pokok, ada momen manusia tak mengenakan busana. Misalnya, saat tidur.

Advertisement

Tidur tanpa busana memiliki beragam manfaat yang mungkin tak pernah Anda duga. Manfaat ini terkait dengan kesehatan, jadi tak sekadar kenyamanan di saat cuaca panas.

Berikut manfaat tidur tanpa busana seperti yang dikutip dari Allwomenstalk, Senin (10/8/2015).

1. Meningkatkan rangsangan seksual

1. Meningkatkan rangsangan seksual

Ilustrasi Tidur Berkualitas (Magforwomen.com)

Bila Anda tidur tanpa busana bersama pasangan, kontak antara kulit dan kulit akan membuat tubuh memproduksi oxytocin—hormon cinta.

Oxytocin memainkan peran besar dalam tanggapan terhadap rangsangan seksual. Selain itu, hormon ini mampu menurunkan stres dan melawan depresi. Apalagi, pria yang sangat sensitif dengan rangsangan visual akan tergerak hanya dengan melihat pasangannya tak berbusana di tempat tidur.

Advertisement

2. Istirahat yang lebih baik

2. Istirahat yang lebih baik

Ilustrasi (Healthmeup.com)

Berdasarkan studi yang dipublikasikan American Academy of Sleep Science, saat tidur tubuh cenderung memiliki temperatur yang lebih rendah.

Tidur mengenakan piyama akan menghalangi penurunan suhu yang terjadi secara alamiah ini. Hal ini akan merusak siklus tidur Anda, bahkan berpotensi menyebabkan gangguan sulit tidur atau yang populer disebut insomnia.

3. Mencegah lemak di perut

3. Mencegah lemak di perut

Advertisement

Ilustrasi (Shapehealth)

Tidur tanpa busana membantu Anda mendapatkan istirahat yang lebih berkualitas. Hal ini membantu mengontrol kadar kortisol. Saat malam ketika Anda tidur, produksi hormon pemicu stress berkurang.

Hormon ini baru akan kembali muncul pada pagi harinya. Untuk membantu Anda tetap berenergi dan siap untuk memulai hari. Bila Anda tak mendapat porsi istirahat yang cukup, Anda akan terbangun dengan kadar kortisol yang tinggi.

Keadaan ini akan menjadi penghalang bagi Anda yang ingin menjaga pola makan. Pasalnya, hormon ini akan mendorong nafsu makan.

4. Mencegah penyakit kulit

4. Mencegah penyakit kulit

Ilustrasi (Magforwomen.com)

Advertisement

Tidur tanpa busana membantu udara masuk dan membuat kulit Anda bernapas. Setelah seharian beraktivitas dengan pakaian yang menutupi kulit, hal itu telah membuat kulit terperangkap dan tak bisa bernapas.

Cara ini bisa membantu Anda mencegah berbagai penyakit kulit. Kulit yang gatal akibat keringat, kuman dan suhu yang panas bisa dilenyapkan dengan membiarkan kulit bernapas tepat saat tubuh beristirahat.

Jangan lupa, gunakan pelembap untuk memastikan kulit tetap terhidrasi.

5. Memperlancar peredaran darah

5. Memperlancar peredaran darah

Joging di pagi hari (Huffingtonpost)

Dengan tidur tanpa busana, tanpa kaus, atau karet-karet yang melingkar pada pinggang Anda, peredaran darah bisa lebih lancar.

Advertisement

Peredaran darah yang lancar akan sangat baik untuk jantung, pembuluh darah dan otot. Darah yang kaya akan oksigen akan mengalir tanpa hambatan ke seluruh tubuh Anda tepat saat Anda sedang terlelap.

6. Mencegah diabetes tipe 2

6. Mencegah diabetes tipe 2

Ilustrasi diabetes (Iran-daily.com)

Studi pada 2014 menyatakan bahwa suhu yang lebih dingin ketika tubuh beristirahat akan turut menurunkan kadar gula dalam darah.

Oleh karena itu, dengan membiarkan tubuh tanpa busana saat tidur, suhu yang lebih dingin bisa didapat. Kesehatan pun meningkat seiring dengan metabolisme yang lebih lancar.

Pasalnya, kendati mata terpejam tubuh tetap sibuk bekerja. Dengan demikian, penting untuk membantu semuanya berjalan optimal.

Advertisement

7. Menjaga kesehatan vagina

7. Menjaga kesehatan vagina

Gambar Organ Reproduksi Wanita (cancerhelps.co.id)

Secara alami, vagina memang harus terjaga dari tempat yang hangat dan lembap karena bisa menambah peluang tumbuhnya bakteri dan jamur.

Melepaskan piyama selama tidur, membantu vagina mendapatkan keadaan yang lebih baik. Infeksi akibat jamur dan bakteri bisa ditekan dengan cara sederhana ini.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif