News
Senin, 10 Agustus 2015 - 21:30 WIB

SENGKETA PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA : Jokowi Kirim Utusan Khusus untuk Negosiasi Ambalat

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Sengketa perbatasan Indonesia-Malaysia, khususnya di Ambalat, belum terselesaikan hingga kini.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo telah menunjuk utusan khusus untuk membahas persoalan perbatasan wilayah maritim di Ambalat dengan pemerintah Malaysia yang akan berlangsung pada akhir Agustus 2015.

Advertisement

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan tumpang tindih klaim perairan antara Indonesia dan Malaysia terjadi karena kesepakatan terkait batas wilayah maritim yang belum selesai.

Oleh karena itu, untuk mempercepat penyelesaian batas wilayah maritim, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk utusan khusus untuk bertemu utusan dari Malaysia untuk mendiskusikan batas wilayah perairan kedua negara.

“Presiden menunjuk Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Eddy Pratomo. Kita siap untuk segera memulai pertemuan pada tingkat utusan khusus pada Agustus ini,” tegasnya, Senin (10/8/2015).

Advertisement

Selama ini, Indonesia sudah melakukan negosiasi perbatasan wilayah maritim dengan Malaysia sebanyak 28 kali, selanjutnya negosiasi akan tetap terus diutamakan. Semakin cepat masalah perbatasan selesai, semakin jelas pula posisi Indonesia sehingga dapat terhindar dari masalah dengan negara tetangga.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif