Lifestyle
Minggu, 9 Agustus 2015 - 20:00 WIB

WISATA SOLORAYA : Taman Cerdas Jebres dan Pucangsawit, Bikin Pintar dan Mengasyikkan

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gerbang masuk Taman Cerdas Pucangsawit (Dok/JIBI/Solopos)

Wisata Soloraya kali ini mengekspos Taman Cerdas Jebres dan Taman Cerdas Pucangsawit.

Solopos.com, SOLO — Kota Solo memiliki banyak taman cerdas. Pada kesempatan kali ini, kita akan melihat lebih jauh tentang Taman Cerdas Jebres dan Taman Cerdas Pucangsawit. Taman Cerdas Jebres berada di utara Solo Techno Park (STP) atau di utara kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Kompleks taman cerdas itu terdiri atas beberapa bagian. Setelah memasuki pintu gerbang yang menghadap ke barat, kita akan bertemu Gedung Perpustakaan yang sekaligus menjadi kantor pengurus taman cerdas.

Advertisement

Espos masuk ke dalam gedung itu, Kamis (6/8/2015). Di lantai bawah terdapat banyak unit komputer. Sedangkan di lantai atas, terdapat seperangkat gamelan. Di depan gedung perpustakaan sisi selatan terdapat play ground yang bisa dimanfaatkan anak-anak. Ada perosotan dan jungkat jungkit. Di selatan play ground itu ada tempat bermain lain lain berupa mini gazebo yang terhubung antara satu dengan lainnya. Wahana itu bisa dimanfaatkan untuk melatih ketangkasan anak kecil.

Sinergi Travel and Event Management
Graha Solo Raya Lantai 1
Jl. Slamet Riyadi No. 1 Solo, Jateng
Telp. 0271-5843678 atau 0271-2144388
HP. 085702686068
Fax. 0271 635936
www.solocitytravelguide.com
www.sinergievent.com
e-mail: sinergi_solo@yahoo.com
Marketing: www.solocitytravelguide.com

Advertisement

Sinergi Travel and Event Management
Graha Solo Raya Lantai 1
Jl. Slamet Riyadi No. 1 Solo, Jateng
Telp. 0271-5843678 atau 0271-2144388
HP. 085702686068
Fax. 0271 635936
www.solocitytravelguide.com
www.sinergievent.com
e-mail: sinergi_solo@yahoo.com
Marketing: www.solocitytravelguide.com

“Kalau pagi sampai siang banyak pemuda dan mahasiswa yang memanfaatkan taman cerdas untuk bermain Internet karena ada wifi hotspot,” terang pengelola Taman Cerdas Jebres, Hari Sapto kepada Espos, Kamis.

Di belakang [timur] play ground berdiri mini aula. Sisi utaranya terbuka. Masyarakat bisa memanfaatkannya untuk berbagai kegiatan. Namun, hingga kini baru Komunitas Solo Mengajar yang secara rutin menggunakan lokasi itu. Beralih ke belakang [timur] gedung perpustakaan, terdapat sebuah arena teater terbuka. Tempat duduk arena itu semi melingkar dan dibuat berundak.

Advertisement

Warga yang ingin buang air bisa memanfaatkan toilet yang terletak di utara taman purba. Kalau Anda ingin salat, sebuah musala kecil juga siap digunakan. Taman Cerdas Jebres juga tengah mengalami pengembangan. Rencananya dibangun Gedung Audio Visual dan Edukasi di barat musala.

“Ada dua gedung yang sedang dibangun. Satu gedung untuk ruang audio-visul. Satu gedung lainnya untuk ruang display,” terang Sapto.

Di Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo, juga berdiri sebuah taman cerdas. Taman Cerdas Pucangsawit namanya. Taman itu baru diresmikan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo pada 23 Juli 2015 sehingga taman itu menjadi salah satu taman terbaru di Kota Bengawan.

Advertisement

Letaknya berada di Kampung Kedung Belang, RW XIII atau di utara tanggul Sungai Bengawan Solo. Pintu gerbang taman menghadap ke utara. Saat masuk, kita akan bertemu dengan kolam air mancur berbentuk lingkaran. Ada empat patung kura-kura di bibir kolam. Sebuah patung lumba-lumba berada di tengah kolam. Dari bagian hidung lumba-lumba itulah air mancur keluar.

Di kanan dan kiri kolam terdapat patung gajah setinggi sekitar satu meter kokoh berdiri. Berbagai wahana permainan anak seperti ayunan, tempat memanjat juga tersedia di kanan dan kiri taman.

Dua bangunan kembar berdiri di selatan play ground. Bangunan sebelah timur rencananya digunakan sebagai ruang teknologi informasi (TI), sementara bangunan di sebelah barat dimanfaatkan sebagai perpustakaan.

Advertisement

Di bagian paling belakang taman cerdas terdapat joglo tanpa penyangga tengah. Joglo itu disangga tiang-tiang di bagian tepi yang dicat dengan warna cokelat. Sementara bagian plafon dicat warna putih. Batu alam berwarna gelap dipilih sebagai lantai joglo. Di sebelah timur joglo terdapat kamar mandi. Kamar mandi dengan joglo disekat teralis yang juga dimanfaatkan sebagai taman gantung. Sekretaris Pengurus Taman Cerdas Pucangsawit, Titisari, mengatakan taman itu dibuka pukul 07.00 WIB 19.00 WIB.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif