Lifestyle
Minggu, 9 Agustus 2015 - 23:15 WIB

TIPS KESEHATAN : 5 Cara Jaga Otak Tetap Sehat

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi otak sehat (JIBI/Dok)

Tips kesehatan otak ini penting seiring bertambahnya usia.

Solopos.com, SOLO – Otak merupakan organ penting yang membuat manusia bisa berpikir dan berperilaku. Namun seiring bertambahnya usia, kinerja otak sering menurun dan tidak seefektif  saat usia masih belasan.

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Kamis (30/7/2015) dari Womenhealthandfitness.com, kinerja otak bisa tetap maksimal dan tajam seperti saat orang masih berusia belasan jika fungsinya tetap dijaga. Dokter asal Australia, Adam Franser memberikan cara-cara agar otak tetap sehat saat usia kian bertambah.

Seperti Jantung

Advertisement

Seperti Jantung

Penyakit jantung terjadi karena saluran pembuluh jantung yang memompa darah tersumbat. Hal itu juga berlaku untuk otak, pembuluh darah otak yang tersumbat akan menyebabkan berbagai penyakit. Lakukan pengecekan kolesterol secara rutin agar lemak jahat tidak menyumbat pembuluh darah.

Sosialisasi 

Advertisement

Olahraga

Olahraga akan membantu tubuh untuk tetap sehat. Olahraga juga dapat meningkatkan kapasitas otak untuk mengingat dan memicu neutron otak untuk tetap tumbuh.

Konsumsi Omega 3

Advertisement

Mengonsumsi Omega 3 akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh otak. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi Omega 3 bisa mengurangi risiko Alzeimer hingga 60%.

Tantangan

Otak membutuhkan latihan seperti halnya otot. Latihan otak bisa dilakukan dengan bermain game otak seperti Teka-Teki Silang (TTS), Sudoko atau Catur. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif