Soloraya
Sabtu, 8 Agustus 2015 - 13:15 WIB

SERTIFIKASI GURU : Guru Diminta Siap Hadapi Uji Kompetensi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sertifikasi guru (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Sertifikasi guru bertujuan meningkatkan kompensti guru.

Solopos.com, SOLO – Tunjangan profesi yang didapatkan para guru bersertifikasi semestinya bisa dimanfaatkan guna menunjang peningkatan kompetensi bagi guru-guru tersebut. Sehingga diharapkan para guru senantiasa siap ketika menghadapi uji kompetensi guru (UKG).

Advertisement

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Etty Retnowati, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (7/8/2015).

Etty mengungkapkan selama ini pihaknya senantiasa menekankan kepada para guru, terutama penerima tunjangan profesi, untuk selalu meningkatkan kompetensi yang mereka miliki.

“Bahwa membawa laptop itu tidak sekedar dibawa, namun harus bisa mengoperasikannya. Guru tetap harus mengikuti perkembangan zaman,” ujar dia.

Advertisement

Bakal diadakannya UKG bagi semua guru yang baru-baru ini diwacanakan oleh pemerintah, menurut Etty, tidak akan menjadi permasalahan bagi para guru tersebut mengingat sejauh ini sudah banyak diselenggarakan workshop yang bisa mereka ikuti dalam rangka meningkatkan kompetensi mereka.

“Karena selama ini sekolah-sekolah sudah rutin menggelar workshop peningkatan kompetensi. Secara umum semangatnya bagus, hanya mungkin beberapa saja yang terkendala usia. Namun tetap harus diberikan bimbingan dan dukungan. Tapi kalaupun mereka harus menghadapi UKG, di Solo khususnya, saya rasa tidak jadi masalah. Semuanya siap untuk menjalankannya,” kata dia.

Namun terkait kepastian pelaksanaan UKG, Etty mengatakan sejauh ini belum ada informasi resmi dari pemerintah.

Advertisement

“Sejauh ini informasi seputar itu baru kami baca di media. Belum secara resmi dari pemerintah dan kami juga masih menunggu itu,” terang Etty.

Ditemui terpisah, Kepala SMA Muhammadiyah 2 Solo, Sri Darwati berpendapat akan diselenggarakannya UKG bagi para guru membawa dampak positif. Menurutnya, seorang guru harus mengikuti perkembangan, khususnya teknologi, agar selalu dapat menyampaikan tugasnya secara interaktif.

“Menurut saya kebijakan yang diambil pemerintah pasti ada sisi positifnya, terutama bagi pengembangan kompetensi para guru tersebut,” ungkap Darwati.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif