News
Jumat, 7 Agustus 2015 - 09:35 WIB

STOK BERAS BULOG : Bulog Targetkan Serap 2 Juta Ton Beras Petani

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia)

Stok beras Bulog akan ditambah dengan menyerap 2 juta ton beras dari petani.

Solopos.com, JAKARTA — Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) menargetkan mampu menyerap hingga 2 juta ton beras dan gabah setara beras dari petani dalam negeri hingga akhir tahun.

Advertisement

Direktur Utama Bulog, Djarot Kusumayakti, mengatakan telah membuat perencanaan agar Bulog mampu menyerap beras dan gabah setara beras hingga 2 juta ton sepanjang tahun ini.

Dengan begitu, cadangan beras hingga akhir tahun diperkirakan berada pada level 1,6 juta ton.

“Kalau melihat dengan keluar masuk cadangan beras yang kami miliki, mungkin diperkirakan cadangan beras kami mencapai 1,6 juta ton,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Advertisement

Djarot menuturkan saat ini Bulog masih membuat kajian terkait penyerapan beras untuk mengantisipasi El Nino. Kajian tersebut untuk menentukan berapa banyak yang perlu diserap Bulog, dan berapa cadangan yang harus disiapkan Bulog untuk mengantisipasi El Nino.

Menurutnya, pemerintah memang menginginkan Bulog menyerap seluruh beras yang diproduksi petani pada panen raya Agustus-September 2015.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, sebelumnya mengatakan pihaknya meminta Bulog menyediakan stok beras hingga 2,5 juta ton pada akhir Oktober tahun ini. Cadangan itu dipelukan untuk menjaga ketahanan pangan saat kekeringan terjadi di beberapa wilayah.

Advertisement

Menurutnya, Bulog telah menyatakan kesiapannya untuk menyerap beras yang diproduksi oleh petani saat masa panen Agustus-September tahun ini.

Amran menuturkan pemerintah selama ini aktif meminta pemerintah daerah membangun waduk dengan skala kecil atau embung, dan sumur dangkal untuk mengantisipasi kekeringan.

Cara tersebut berhasil menyelamatkan 100.000 hektare lahan pertanian yang selama ini mengalami kekeringan.

Saat ini kekeringan diperkirakan masih terjadi di Indramayu, Cirebon, Demak, Pati, Grobogan, Bojonegoro, dan Timor Tengah Selatan. Tim upaya khusus yang dibentuk pemerintah pun terus mencari cara untuk mengantisipasi kekeringan di wilayah tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif