Soloraya
Jumat, 7 Agustus 2015 - 18:15 WIB

ANGKUTAN LEBARAN : Organda Keluhkan Mudik Gratis Tak Gandeng PO di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Balik Gratis Pemudik Motor (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Angkutan Lebaran lalu diwarnai adanya program mudik gratis.

Solopos.com, SOLO — Ketua Organisasi Angkutan Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan Raya (Organda) Solo, Joko Suprapto, mengatakan tidak ada perusahaan otobus (PO) di Solo yang digandeng untuk melayani mudik gratis.

Advertisement

“PO yang digandeng untuk melayani mudik gratis ini kurang merata. Akibatnya saat arus mudik biasanya bisa melayani lima kali pergi pulang [PP] hanya menjadi dua kali hingga tiga kali PP,” ungkap Joko kepada wartawan di Solo, Jumat (7/8/2015).

Dia mengatakan realisasi angkutan Lebaran kali ini tidak seperti yang diharapkan karena mengalami penurunan. Meski begitu, arus balik lebih panjang, melebihi masa angkutan Lebaran karena bersamaan dengan libur sekolah.

Oleh karena itu, meski sudah memasuki Agustus, jumlah penumpang masih cukup tinggi dan diprediksi masih akan ramai hingga akhir pekan ini.

Advertisement

Ketua Organda Wonogiri, Edy Purwanto, mengungkapkan hal yang sama. Menurut dia, selama arus mudik penumpang turun hingga 30% jika dibandingkan tahun lalu sedangkan saat arus balik hanya turun sekitar 5%.

Penurunan ini juga disumbang meningkatnya masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi.

“Penumpang menuju Jakarta masih cukup ramai sehingga ada PO yang masih mengoperasikan kendaraan lebih dari jumlah yang seharusnya padahal masa angkutan Lebaran sudah berakhir. Kami berharap pemerintah bisa menertibkan PO tersebut karena menganggu operasional PO lain,” ujar Edy.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif