Sport
Kamis, 6 Agustus 2015 - 12:25 WIB

FORMULA ONE 2015 : Jeda Musim Panas, Honda Perbaiki Power

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Formula One 2015 telah memasuki jeda musim panas. Honda memanfaatkan momen tersebut untuk memperbaiki power.

Solopos.com, WOKING – Kerja sama McLaren dengan Honda di paruh pertama kejuaraan Formula One (F1) musim 2015 gagal total. Jeda musim panas pun dimanfaatkan produsen mesin F1 asal Jepang itu untuk fokus pada perbaikan power.

Advertisement

Selama 10 seri yang sudah berlangsung reliabilitas menjadi topik utama yang harus dibenahi Honda. Meskipun pada kenyataannya mereka tak mampu berbicara banyak di trek.

Di paruh pertama musim ini hasil balapan McLaren lebih banyak diinterupsi kegagalan menyentuh garis finis. Kini pabrikan Jepang itu mengklaim isu tersebut sudah terselesaikan.

“Saya yakin masalah reliabilitas sudah kami tinggalkan yang artinya kami kini memberi perhatian pada peningkatan power. Setelah musim panas kami berencana menggunakan mesin spek baru. Fokus utama kami adalah pada pembakaran,” ujar Chief Motorsport Honda, Yasuhisa Arai, dilansir Autosport, Rabu (5/8/2015).

Advertisement

Menurutnya, regulasi F1 saat ini menuntut adanya efisiensi pembakaran mesin. Oleh sebab itu, Honda ingin mengubah karakter desain sistem pembuangan. Di samping itu, mereka akan mengurangi gesekan mekanis degan mengubah sistem pembakaran mesin pada mobil.

“Tak lama lagi upgrade akan kami perkenalkan di GP Belgia mendatang. Begitu pula beberapa bagian anyar yang bisa langsung digunakan di seri berikutnya. Teknologi sekarang ini makin kompleks sehingga tak mudah menyuguhkan mobil yang bagus,” imbuh Arai.

McLaren Honda memang terjebak di posisi yang sangat merugikan. Mereka berada di peringkat dua terbawah klasemen konstruktor.

Advertisement

Tim dengan koleksi juara dunia terbanyak kedua setelah Ferrari ini bahkan kalah saing dari Red Bull, Force India, Williams, dan Toro Rosso.

Honda masih optimistis bisa mencatat hasil lebih baik di paruh kedua. Apa yang diraih Jenson Button dan Fernando Alonso di seri terakhir sebelum libur, GP Hungaria, lalu membuat mereka menyimpan asa tinggi. Alonso berhasil finis kelima, sedangkan Button berada di urutan kesembilan.

“Kami masih berada di level yang belum kami inginkan. Tapi, hasil di Hungaria menunjukkan kami berada di trek yang benar. Kami memperlihatkan hal yang baik demi meraih poin,” jelas Alonso.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif