Soloraya
Rabu, 5 Agustus 2015 - 10:15 WIB

KEBAKARAN KARANGANYAR : Yang Terbakar Ternyata Rumah di Sebelah Dealer Honda Astra Palur

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemadam kebakaran dan sukarelawan memadamkan sisa api yang membakar sebuah rumah di jalan Raya Palur-Solo, Jaten, Karanganyar, Selasa (4/8/2015). Rumah itu ada di dekat dealer Astra Honda Motor Palur. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Kebakaran Karanganyar melanda sebuah rumah yang berada di dekat dealer Honda Astra Motor Palur.

Solopos.com, KARANGANYAR — Rumah yang juga difungsikan sebagai gudang onderdil di Dusun Palur, RT 003/RW 001, Desa Ngringo, Jaten, Karanganyar, terbakar pada Selasa (4/8/2015) sekitar pukul 12.30 WIB.

Advertisement

Kebakaran rumah milik Meiliana alias Meimey di jalan raya Palur-Solo itu diduga karena hubungan pendek arus listrik. Rumah tersebut berada di sebelah dealer Honda Astra Motor Palur. Hal itu membuat informasi awal yang beredar, dealer tersebutlah yang dilanda kebakaran.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, tetapi kerugian ditaksir mencapai puluhan juta Rupiah. Hampir seluruh isi rumah yang terdiri dari perabot rumah tangga, onderdil, sejumlah sepeda motor, dan lain-lain terbakar.

Advertisement

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, tetapi kerugian ditaksir mencapai puluhan juta Rupiah. Hampir seluruh isi rumah yang terdiri dari perabot rumah tangga, onderdil, sejumlah sepeda motor, dan lain-lain terbakar.

Rumah yang terdiri atas dua lantai itu bersekat. Pada lantai satu terdapat tiga ruangan. Salah satu ruang berfungsi sebagai kamar.

Kebakaran itu sempat membuat karyawan dealer Astra Honda Motor panik. Mereka mengeluarkan puluhan unit sepeda motor dari toko dan berkas-berkas milik pelanggan. Puluhan unit sepeda motor diparkir di samping gang tidak jauh dari diler.

Advertisement

Panik, Dionisius memanggil rekan-rekannya dan mencoba mendobrak pintu dari besi. Pintu terkunci. Mereka menghubungi petugas pemadam kebakaran dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

“Ada asap keluar dari sela-sela pintu. Sepertinya dari salah satu kamar. Saya memanggil teman-teman untuk membantu membuka pintu. Termasuk menyelamatkan barang-barang. Tetapi, apinya cepat membesar,” kata Dionisius.

Menurut dia, rumah yang juga berfungsi sebagai gudang itu sepi karena ditinggal pergi penghuni. ”Pemiliknya tidak di rumah. Katanya ke Semarang. Rumah dan dealer itu milik satu orang. Satu dijadikan rumah, satunya disewakan untuk dealer,” tutur dia.

Advertisement

Sebanyak tujuh mobil pemadam kebakaran dari Karanganyar, Solo, dan Sragen tiba di lokasi kejadian. Api dapat dipadamkan setelah dua jam.

Kapolres Karanganyar, AKBP Mahedi Surindra, melalui Kanit Reskrim Polsek Jaten, Ipda Yuni Marsianto, mengatakan api berasal dari kamar milik saudara pemilik rumah bernama You Ming atau Yuke.

Menurut saksi, Sri Rahayu, 65, kepulan asap dan bau menyengat berasal dari kamar You Ming. Yuni mengatakan Sri Rahayu langsung memberitahukan penghuni lain.

Advertisement

“Kami belum dapat memastikan penyebabnya. Kami lakukan penyelidikan penyebab kebakaran. Dugaan sementara, karena hubungan pendek arus listrik,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif