News
Rabu, 5 Agustus 2015 - 13:40 WIB

KARTU SAKTI JOKOWI : Disdikpora Solo Lakukan Home Visit

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada pelajar Blitar, Senin (1/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Irfan Anshori)

Kartu sakti Jokowi, Pemkot Solo mulai home visit ke calon penerima KIP

Solopos.com, SOLO–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo siap memfasilitasi home visit atau kunjungan ke rumah dalam proses pemutakhiran data siswa sekolah calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) jika dibutuhkan. Namun diakui, home visit tersebut tidak akan mempengaruhi pendataan.

Advertisement

Hal itu dikemukakan Sekretaris Disdikpora Solo, Aryo Widyandoko, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (5/8/2015). Dia menjelaskan tidak ada ketentuan dilakukannya home visit dalam pendataan siswa sekolah berkaitan program yang diinisiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

“Tidak ada ketentuan harus dilakukan home visit dalam pendataan, sehingga sifatnya tidak wajib. Tapi kalau memang diperlukan jika ditemukan kasus-kasus tertentu ya Disdikpora siap memfasilitasi itu,”  jelas dia.

Dia juga mengakui dalam proses pemutakhiran data siswa tersebut, Disdikpora tidak ikut terlibat langsung karena pelaksanaannya langsung oleh pihak sekolah. Hasilnya, nanti langsung disampaikan oleh sekolah-sekolah tersebut ke pemerintah pusat. Sesuai dengan tujuannya, pemutakhiran data siswa dilakukan karena data yang sebelumnya digunakan sebagai acuan pembagian KIP merupakan data berbasis wilayah. Sedangkan pemutakhiran data saat ini berbasis sekolah per wilayah. Saat ini pendataan masih berjalan.

Advertisement

“Karena kan yang tahu data siswa itu adalah sekolah, sehingga pemutakhiran data tersebut saat ini pelaksananya ya sekolah,” tambahnya.  Pemutakhiran data siswa calon penerima KIP dilakukan langsung oleh masing-masing sekolah ke pusat melalui entry data secara online. Dalam hal ini, lanjutnya, Disdikpora hanya menyampaikan informasi dari pusat.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif