News
Selasa, 4 Agustus 2015 - 20:30 WIB

SERBA-SERBI KAMPUS : Ini Alasan Mahasiswa Tak Harus Melulu Berkutat di Kelas

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mahasiswa (Thesparkng.com)

Serba-serbi kampus kali mengulas soal fakta menarik yang terjadi di dunia perkuliahan.

Solopos.com, SOLO — Bagi Anda yang saat ini bersiap memasuki dunia kampus, ada baiknya mulai mempersiapkan diri dengan rencana pelbagai kegiatan. Jangan sia-siakan waktu Anda hanya berkutat di kelas.

Advertisement

Menurut Prof. Abletor Sedofia dari University of Ghana, keunggulan akademik tidak menjamin kesuksesan seseorang. Namun begitu, bukan berarti mahasiswa dengan mudah mengesampingkan masalah akademik mereka.

“Keunggulan akademik itu berlebihan! Apakah aku mengatakan itu? Oh, ya, aku mengatakannya. Menjadi orang teratas di kelas Anda tidak selalu menjamin bahwa Anda akan berada di atas dalam kehidupan nyata,” kata Sedofia sebagaimana Solopos.com kutip dari Thesparkng, Selasa (4/8/2015).

Menurut Sedofia, seseorang bisa saja dengan mudah lulus kuliah sebagai mahasiswa terbaik di bidangnya, tapi belum tentu bisa menjalani kenyataan hidup saat mereka bekerja.

Advertisement

Di sekolah atau di kampus, mudah bagi seseorang membaca, menghafal lalu lulus ujian. Tetapi dalam kehidupan nyata, tidak ada buku yang berisi tentang sebenar-benarnya ilmu kehidupan.

Kemampuan seseorang dalam menghadapi hidup dilatih atau ditempa dengan pelbagai pengalamannya bergelut dengan dunia sosial.

Kekuatan personalitas lebih penting bagi seseorang jika ingin sukses dalam kehidupan. Lalu, apakah kemampuan akademik tidak penting?

Advertisement

Menurut Sedofia, prestasi akademik juga penting, karena salah satu pembentukan kepribadian seseorang juga dimulai dari proses belajar di sekolah atau di kampus.

Menjalani hidup tanpa ilmu sama saja bohong, tapi seorang mahasiswa jangan terpaku untuk berpikir soal nilai semata. Mahasiswa harus melibatkan diri dalam pelbagai kegiatan.

Nah, alangkah lebih baik mahasiswa bergabung dalam komunitas atau organisasi kampus di luar jadwal kuliah. Apabila ingin meningkatkan kepercayaan diri, mahasiswa bisa menjajal untuk ikut dalam pelbagai kontes atau kompetisi yang dapat mengasah kemampuan khusus.

Akan sangat bermanfaat pula bagi mahasiswa untuk mengikuti seminar atau pelatihan atau acara diskusi terbuka yang membahas isu-isu tertentu. Hal yang juga utama bagi mahasiswa adalah terus membaca buku!

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif