Soloraya
Selasa, 4 Agustus 2015 - 07:40 WIB

PENDIDIKAN KLATEN : Asyik, Siswa SMP Hingga SMA/SMK Dapat Rp34 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana Masa Orientasi Siswa (MOS) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) 2 Playen, Gunungkidul, Senin (27/7/2015). (Harian Jogja-Uli Febriarni)

Pendidikan Klaten, pemkab siapkan alokasi anggaran di APBD

Solopos.com, KLATEN–Pemkab mengusulkan alokasi dana guna subsidi bagi SMP, SMA, serta SMK. Subsidi itu baru diberlakukan melalui APBD 2016.

Advertisement

“Kami rencanakan subsidi sepenuhnya sehingga bisa memberikan pendidikan dengan biaya seringan mungkin. Rencana untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK,” ujar disampaikan Bupati Klaten, Sunarna, saat ditemui seusai Sosialisasi Lima Hari Sekolah di SMPN 6 Klaten, Senin (3/8/2015).

Usulan subsidi pendidikan itu bakal dilakukan melalui APBD 2016 yang mulai dibahas September-Oktober. Diperkirakan, dana yang dibutuhkan untuk subsidi jenjang SMP, SMA, serta SMK mencapai Rp34 miliar. Ia mencontohkan pemkab sudah mengalokasikan dana untuk subsidi di SMK Gantiwarno dengan alokasi dana Rp500 juta. “Bentuk subsidi bisa bermacam-macam. Seperti di Gantiwarno itu bisa gratis sepenuhnya,” urai dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Pantoro, mengatakan selama ini subsidi sudah dialokasikan melalui APBD Klaten serta APBD Provinsi. “Sebenarnya sudah ada. Seperti untuk memenuhi kebutuhan kekurangan dari dana BOS. Kami harapkan, kalau memang ada subsidi tahun depan bisa lebih besar,” kata dia.

Advertisement

Pada bagian lain, terkait penerapan lima hari sekolah, Pantoro mengatakan tak menerima keluhan dari sekolah serta wali murid. Ia menegaskan seluruh sekolah negeri dari berbagai jenjang sudah menerapkan aturan itu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif