News
Selasa, 4 Agustus 2015 - 22:40 WIB

BEASISWA MAHASISWA : UNS Bantu Penerima Bidikmisi yang Belum Lulus

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (bidikmisi.dikti.go.id)

Program Beasiswa UNS dikhususkan untuk biaya SPP bagi mahasiswa penerima Bidikmisi yang belum lulus.

Solopos.com, SOLO–Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengambil kebijakan membantu mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi Angkatan 2010 dan 2011 yang hingga kini belum lulus. Mereka akan dibantu pembiayaan SPP, namun hanya dibatasi untuk dua semester.

Advertisement

Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) UNS Solo, Darsono, membenarkan adanya kebijakan tersebut. Dia menjelaskan kebijakan itu diambil karena UNS tidak ingin menutup mata terhadap kesulitan yang dialami mayoritas mahasiswa UNS penerima beasiswa bidikmisi tersebut. Sebagaimana diketahui, rata-rata mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi berasal dari keluarga tidak mampu. Dalam perjalanan mereka mengikuti perkuliahan di UNS, pihaknya tidak menampik ada kendala yang mereka hadapi hingga berpengaruh terhadap studi mereka. Sementara kontrak beasiswa bagi para mahasiswa itu hanya untuk delapan semester.

“Cukup kompleks alasannya. Paling banyak karena mereka selain kuliah juga harus survive, membiayai kebutuhan hidup mereka, sehingga ada sebagian mereka yang harus disambi bekerja. Walaupun seharusnya dari beasiswa itu termasuk biaya hidup yang menurut kami cukup,” ujar Darsono kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (4/8/2015).

Dia menyebutkan para mahasiswa tersebut terdiri atas 73 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Angkatan 2010 dan 371 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Angkatan 2011. Mereka berasal dari berbagai fakultas yang ada di UNS.  “Mahasiswa penerima bidikmisi yang belum lulus tersebut paling banyak dari FKIP  [Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan] dan paling sedikit dari Fakultas Kedokteran,” tambahnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif