Lifestyle
Senin, 3 Agustus 2015 - 07:00 WIB

WISATA SOLORAYA : Selasa (4/8/2015), Ada Ritual Mondosiyo di Tawangmangu

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga berebut ayam yang dilempar ayam di Mondosiyo, Tawangmangu (Dokumentasi Solopos)

Wisata Soloraya kali ini mengulas seputar ritual adat Mondosiyo.

Solopos.com, SOLO — Kawasan Soloraya, tepatnya Tawangmangu menjadi salah satu daerah yang kaya dengan adat istiadat masyarakat Jawa. Nah, di awal Agustus ini, Selasa (4/8/2015) mendatang, akan ada gelaran ritual Mondosiyo.

Advertisement

Berdasarkan informasi yang Solopos.com himpun dari laman pemerintah daerah Kabupaten Karanganyar, Karanganyarkab.go.id, Sabtu (1/8/2015), sebagai acara rutin tiap tahun, upacara Mondosiyo tahun ini dilaksanakan di Dusun Pancot, Blumbang Tawangmangu, pada Selasa Kliwon Wuku Mondosiyo, atau bertepatan dengan tanggal 4 Agustus mendatang.

Sinergi Travel and Event Management
Graha Solo Raya Lantai 1
Jl. Slamet Riyadi No. 1 Solo, Jateng
Telp. 0271-5843678 atau 0271-2144388
HP. 085702686068
Fax. 0271 635936
www.solocitytravelguide.com
www.sinergievent.com
e-mail: sinergi_solo@yahoo.com
Marketing: www.solocitytravelguide.com

Ritual Mondosiyo ini merupakan upacara sedekah bumi yang dilakukan masyarakat setempat. Tujuan dari ritual adat tersebut untuk meminta keselamatan, berkah, dan keberhasilan kepada Tuhan.

Advertisement

Bagi wisatawan di Soloraya yang penasaran dengan ritual Mondosiyo, dapat melihat ritual adat ini di kompleks Punden Bale Pathokan. Ritual akan dimulai sejak pukul 06.00 WIB pagi.

Sebagaimana pernah dilansir Solopos.com sebelumnya, ada salah satu atraksi menarik dalam ritual Mondosiyo, yaitu atraksi lempar ayam.

Menurut kepercayaan warga setempat, lempar ayam ini bermakna sebagai simbol kebahagiaan yang telah diberikan Tuhan kepada warga yang telah bernazdar. Kebahagiaan ini perlu dibagi kepada orang yang lain.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif