Lifestyle
Senin, 3 Agustus 2015 - 16:15 WIB

TIPS KESEHATAN : Ingin Tidur Anda Berkualitas? Begini Caranya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Healthmeup.com)

Tips kesehatan ini tentang cara mendapatkan tidur yang berkualitas.

Solopos.com, SOLO — Tidur sangat dibutuhkan untuk mengembalikan stamina. Setelah beraktivitas seharian, kita harus berisitirahat demi memulihkan kondisi dan segar kembali eok hari.

Advertisement

Sayangnya, menurut salah satu profesor di Columbia University  Robert C. Basner, sejumlah orang tidak menghargai waktu tidurnya.

“Orang terkadang menganggap tidur seperti menghalangi pekerjaan mereka dan tidak berpikir kalau tidur akan membantu memperbaiki kesehatan mereka,” kata dia yang dikutip Senin (3/8/2015).

Berikut ini adalah tips untuk mendapatkan tidur yang baik agar saat bangun kita menjadi segar kembali seperti dilansir www.healthline.com dan www.webmd.com:

Advertisement

1. Ruang Tidur Nyaman
Membuat kamar tidur yang kondusif untuk istirahat akan menunjang kualitas tidur seseorang. Sebisa mungkin, perhatikan pencahayaan dan suhu di kamar tidur. Saat malam suhu tubuh seseorang akan turun tanpa disadari, karena itu suhu yang hangat dapat membantu mendapat tidur yang lelap.

2. Waktu Tidur Cukup
Kebanyakan orang memerlukan tujuh sampai delapan jam tiap hari untuk tidur yang berkualitas. Hal itu diungkapkan Nancy Collop selaku presiden di salah satu akademi kesehatan di Amerika.

3. Tidur di Jam yang Sama Tiap Hari
Sejumlah orang sering tidur di waktu yang berbeda setiap harinya. Basner mengatakan sejumlah orang mengalami tidur yang kurang berkualitas karena pergesaran waktu tidur antara 24 jam higga 48 jam.

Advertisement

4. Mengurangi Penggunaan Gadget
Televisi dan Internet dapat menjadi masalah bagi seseorang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Penelitian menunjukkan cahaya buatan layar laptop, TV, dan alat elektronik lain dapat menekan hormon melatolin. Jadi, mematikan gadget satu jam sebelum tidur akan membantu Anda mendapat tidur berkualitas.

5. Makan dan Minum Cukup
Jika membuat perut lapar atau terlalu kenyang, itu akan membuat seseorang menjadi tidak nyaman untuk tidur. Efek dari nikotin, kafein, dan alkohol juga juga perlu diperhatikan.

Nikotin dan kafein akan mengurangi waktu tidur seseorang dan membuat seseorang memiliki tidur yang kurang berkualitas. Alkohol, walaupun memiliki efek membuat seseorang tertidur pada awalnya, namun akan mengganggu waktu tidur seseorang di malam harinya. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif