Lifestyle
Senin, 3 Agustus 2015 - 06:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Begini Cara Cegah Stres dan Pikun di Usia Dewasa!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Tips kesehatan kali ini mengulas soal cara mencegah stres dan kepikunan jelang usia yang makin matang.

Solopos.com, JAKARTA — Ada beberapa kegiatan sederhana yang bisa membuat seseorang terhindar dari stres dan pikun ketika usia makin bertambah. Tips kali ini, Minggu (2/8/2015), akan membahas hal tersebut.

Advertisement

Salah satu kegiatan sederhana yang sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah mewarnai. Meski identik dengan kegiatan anak-anak, mewarnai juga sah-sah saja dilakukan orang dewasa.

Menurut psikolog klinis di New York dr Ben Michaelis, mewarnai bisa menjadi cara relaksasi dan bisa melatih keterampilan motorik halus seseorang, serta melatih otak agar senantiasa fokus meski usia tak lagi muda.

Advertisement

Menurut psikolog klinis di New York dr Ben Michaelis, mewarnai bisa menjadi cara relaksasi dan bisa melatih keterampilan motorik halus seseorang, serta melatih otak agar senantiasa fokus meski usia tak lagi muda.

Bahkan, Michaelis mengaku sering memberi tips kegiatan mewarnai untuk pasiennya, guna menenangkan dan memusatkan pikiran si pasien. Michaelis menambahkan, mewarnai dengan cara terstruktur bisa mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan logika dan kreativitas.

“Oleh karena itu ketika kita mewarnai, pusat aktivitas amigdala, bagian otak yang berkaitan dengan respons takut, benar-benar beristirahat. Efeknya, kita bisa merasa lebih tenang,” kata Michaelis sebagaimana Detik kutip dari Fox News, Minggu.

Advertisement

Pengalaman lain soal manfaat mewarnai ini datang pula dari Heidi Johnson, seorang anggota Ladies Coloring Club di Minnesota. Bersama teman-temannya, Johnson kerap berkumpul dan mewarnai bersama. Selain bisa bersosialisasi dengan orang lain, mewarnai bisa menjadi obat stres baginya.

“Anda tidak perlu menjadi seniman andal atau anak sekolah yang harus mewarnai tanpa keluar dari garis. Tidak ada tekanan ketika kita, orang dewasa, mewarnai. Anda cukup mengambil pensil warna atau krayon dan berkreasilah dengan warna kesukaan Anda,” kata Johnson.

Sementara itu, Jason Abrams, seorang manajer keuangan di New York juga salah satu orang yang kerap menjadikan kegiatan mewarnai sebagai ajang penghilang stres. “Saya pernah mencoba yoga. Ternyata mewarnai memiliki efek yang sama dengan yoga. Asal kita melakukannya dengan senang hati dan tanpa terpaksa, kita bisa berelaksasi sejenak,” ucap Abrams.

Advertisement

Cegah Kepikunan

Lalu, untuk terhindar dari kepikunan, seseorang bisa melakukan empat hal mudah, yaitu Olahraga tiga jam dalam sepekan, meditasi ringan selama 10 menit sehari, konsumsi makanan dengan kandungan omega-3 sebesar 1.500 mg setiap hari, dan menghafal sesuatu.

Berdasarkan data yang dihimpun Liputan6 dari Prevention, sebuah penelitian di Amerika melaporkan, olahraga dapat meningkatkan kadar neurotropik. Olahraga bahkan dikatakan sebagai vitamin neurotropik yang dapat memperbaiki dan melancarkan fungsi saraf.

Advertisement

Sementara, ahli saraf dari University of California, Gary Small berpendapat, menghafal kata bisa melatih otak.

“Kapanpun Anda bisa, belajar keterampilan baru atau bahasa akan memperlambat menurunnya ingatan,” kata Gary.

Untuk meditasi ringan, Anda cukup duduk tegak, tutup mata Anda, dan tarik napas perlahan sampai hitungan kelima dan buang napas sampai hitungan kelima. Lakukan meditasi ringan ini selama lima menit. Praktik meditasi bisa Anda lakukan dua kali sehari atau tiap kali Anda stres.

Terakhir, untuk sumber makanan beromega-3 bisa membantu membuat otak Anda berfungsi dengan baik. Selamat mencoba!

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif