News
Senin, 3 Agustus 2015 - 22:00 WIB

PILKADA SERENTAK 2015 : Hanya Ada Calon Tunggal, Nasib 6 Pilkada Masih Tanda Tanya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kotak suara (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada serentak 2015 di enam daerah ditentukan nasibnya malam ini.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyatakan hingga Senin (3/8/2015) malam ini, Istana masih menunggu kepastian dari kementerian teknis terkait nasib enam daerah yang berpotensi gagal ikut pilkada serentak 2015.

Advertisement

Dari laporan yang diterima Setneg, masih ada enam daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon kepala daerah. Sesuai dengan Peraturan KPU No. 12/2015, daerah yang tidak memiliki lebih dari satu pasangan calon, maka pelaksaaan pilkada ditunda hingga tahap dua pada 2017.

“Jadi memang sampai sore tadi masih ada enam daerah yang punya calon tunggal. Cuma KPU masih mengecek persyaratan-persyaratan administratif semuanya. Apakah masih enam atau bisa turun menjadi lebih kecil lagi, maksimum konon enam,” kata Pratikno di Kantor Setneg, Senin (3/8/2015) malam.

Menurutnya, saat ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bertanggung jawab terhadap nasib daerah yang hanya memiliki calon tunggal. Mendagri akan berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta mempertimbangkan masukan dari KPU, DPR dan masyarakat luas.

Advertisement

“Tapi intinya adalah hak konstitusional rakyat dan hak konstitusional calon penting untuk dilindungi. Jangan sampai gara-gara seorang politikus yang kuat, kemudian membuat yang lain tidak berani berkompetisi. Justru membuat yang lain kehilangan hak konstitusionalnya untuk mencalonkan diri,” jelas Pratikno.

Kemendagri dan Kemenkumham dibawah koordinasi Kemenpolhukam sedang menggodok nasib enam daerah tersebut. Setneg dan Seskab pun menunggu hasilnya agar bisa segera dikonsultasikan dengan Presiden. “Saya kira besok bisa secepatnya dikonsultasikan pada presiden,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif