News
Minggu, 2 Agustus 2015 - 20:00 WIB

Begal Tol Kanci Diringkus di Karanganyar, Salah Satunya Anggota TNI AD

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Garis Polisi (JIBI/Dok)

Begal Tol Kanci diringkus saat melintas di Kebakkramat, Karanganyar, bersama truk hasil kejahatan mereka.

Solopos.com, KARANGANYAR — Tim dari Satreskrim Polres Karanganyar menangkap tiga orang komplotan begal truk di Kebakkramat, Karanganyar. Yang mengagetkan, satu di antara tiga begal itu ternyata seorang anggota TNI Angkatan Darat (AD).

Advertisement

Komplotan itu membegal truk Hino berpelat nomor BE 984 CJ saat melintas di Tol Kanci Cirebon, Jumat (24/7/2015) lalu. Mereka ditangkap bersama barang bukti berupa truk yang dirampas saat melintas di Kebakkramat, Senin (27/7/2015), tiga hari setelah kejadian.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, satu di antara tiga orang itu tercatat sebagai anggota TNI AD yang bertugas di Kodim 0719/Jepara. Lelaki berinisial R itu berpangkat Sersan Mayor (Serma). Saat itu, R bersama dua orang temannya, Aman Irawan, dan Joni Sutikno.

Kejadian bermula saat truk yang mengangkut tepung itu melaju dari Bandar Lampung ke Surabaya Jawa Timur. Saat itu, sopir berhenti di Tol Kanci Cirebon untuk memperbaiki lampu sign. Sopir yang hingga kini belum diketahui identitasnya itu didatangi tiga orang lelaki yang mengendarai Toyota Avanza warna hitam.

Advertisement

Tanpa basa-basi, sopir dilumpuhkan dan dimasukkan ke mobil. Mereka membuang tubuh sopir di daerah Pemalang. Setelah itu, mereka kembali ke tol untuk mengambil truk.

Kapolres Karanganyar, AKBP Mahedi Sunindra, melalui Kasat Reskrim Polres Karanganyar, AKP Andy Ilyas, membenarkan bahwa salah satu dari tiga pelaku itu berstatus angggota TNI. Sedangkan dua orang lainnya adalah warga sipil.

“Mereka ditangkap di simpang empat Kebakkramat. Saat itu, petugas dari tim gabungan Polsek Kebakkramat dan Polres Karanganyar menggelar operasi. Sebelumnya, kami memang menerima laporan perampasan. Tiga hari setelah kejadian atau pada Senin, tiga pelaku berhasil ditangkap sekitar pukul 14.15 WIB,” kata Andry saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (1/8/2015).

Advertisement

Andry menambahkan polisi yang menggelar operasi mencurigai truk saat melintas di simpang empat Kebakkramat. Sejumlah anggota polisi menghentikan truk untuk diperiksa. Kecurigaan pun terbukti dan anggota Polres Karanganyar bersama Polsek Karanganyar menangkap tiga pelaku.

Mereka tidak dapat berkutik saat digelandang ke Mapolres Karanganyar. “Data yang disampaikan dari polres lain itu sama dengan ciri-ciri truk itu. Truk kami hentikan. Hasilnya tiga orang berhasil kami tangkap,” ujar dia.

Namun, Polres Karanganyar tidak berwenang melakukan penyidikan lebih lanjut. Alasan utama adalah pembegalan truk dilakukan di Tol Kanci Cirebon dan pembuangan sopir truk di daerah Pemalang. “Tempat Kejadian Perkara [TKP] di Pemalang maka dua orang warga sipil itu kami serahkan ke Polres Pemalang. Nah kalau anggota TNI AD berpangkat Serma itu kami kirim ke Denpom IV/4 Surakarta untuk proses hukum selanjutnya.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif