Lifestyle
Sabtu, 1 Agustus 2015 - 08:20 WIB

WISATA KULONPROGO : Indahnya Kulonprogo Dari Atas Puncak Dipowono

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung menikmati keindahan pemandangan dari sebuah rumah pohon yang ada di kawasan wisata Puncak Dipowono, Bukit Cantingmas, Dusun Clapar II, Desa Hargowilis, Kokap, Senin (27/7/2015). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S.)

Wisata Kulonprogo memiliki beragam objek yang dapat dijajal.

Harianjogja.com, KULONPROGO – Bumi Menoreh seolah tidak pernah habis menunjukkan keindahan alamnya. Satu lagi tempat wisata baru dibuka yakni di Bukit Cantingmas, Puncak Dipowono, Dusun Clapar II, Desa Hargowilis, Kokap.

Advertisement

Objek wisata baru ini, sekilas menawarkan keindahan alam yang serupa wisata alam Kalibiru. Puncak Dipowono berlokasi di ketinggian 650 mdpl dan berada tepat di atas Desa Wisata Kalibiru. Pemandangan yang ditawarkan tak hanya menampilkan pesona Waduk Sermo dari atas bukit.

Salah satu daya tarik unggulan dari desa wisata ini yakni pemandangan luas yang menampilkan Kota Jogja, Kulonprogo, bahkan hingga Purworejo, Jawa Tengah. Garis pantai di pesisir selatan Kulonprogo juga dapat disaksikan dari kawasan wisata ini. Sedangkan, di sisi utara pengunjung juga akan disuguhkan keindahan Gunung Merapi.

Pj Kepala Desa Hargowilis Sutardi mengatakan, kesuksesan Desa Wisata Kalibiru diharapkan mampu diikuti objek wisata Puncak Dipowono. Apalagi kedua objek wisata tersebut berada di desa yang sama dan sama-sama menawarkan keindahan alam Pegunungan Menoreh di sisi selatan.

Advertisement

“Objek wisata ini sama-sama[dengan Kalibiru] berada di kawasan hutan negara di lahan seluas 197 hektare,” ujar Sutardi, Senin (27/7/2015).

Untuk menuju ke Bukit Cantingmas perjalanan dari Jogja dapat ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan. Ketua Pokdarwis Cantingmas Tumiranto mengungkapkan, dari tempat wisata ini wisatawan juga dapat melihat sunset dan sunrise. Bahkan, kawasan wisata tersebut menyediakan camping ground bagi wisatawan yang ingin menikmati alam Menoreh.

Sejak diresmikan pertama kali oleh Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, tempat wisata ini terus berbenah. Sejumlah fasilitas pendukung akan terus dikembangkan agar dapat melayani kebutuhan wisatawan yang datang.

Advertisement

“Dibukanya kawasan wisata ini, nantinya dapat meningkatkan penghasilan masyarakat setempat. Kami akan mengembangkan lokasi ini, tentunya tanpa harus merusak kelestarian hutan,” jelas Tumiranto.

Elfianisa, 20, salah satu wisatawan mengatakan, tempat wisata Bukit Cantingmas memberikan pemandangan yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya. Dari atas bukit dapat melihat hijaunya perbukitan yang mengelilingi Kota Wates.

“Tempatnya keren, tidak kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Kulonprogo. Apalagi saat senja, lihat sunset dari atas puncak ini sungguh indah,” ungkap salah satu mahasiswi asal Jogja ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif