Teknologi
Sabtu, 1 Agustus 2015 - 19:45 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Drone Internet Gratis Milik Facebook Siap Terbang

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilutsrasi Drone Facebook (Istimewa).jpg

Teknologi terbaru drone pemancar Internet milik Facebook siap diterbangkan.

Solopos.com, JAKARTA — Facebook kabarnya siap meluncurkan drone raksasa yang menyediakan akses Internet ke berbagai tempat. Drone ini dirancang dengan bentang sayap yang sama panjang dengan Boeing 737.

Advertisement

Dilansir Reuters, Jumat (31/7/2015), Facebook menyatakan uji coba akan dilakukan di Amerika Serikat tahun ini. Menurut Engineering Director of Connectivity Facebook, Yael Maguire, pesawat drone itu bobotnya sekitar 400 kilogram.

Drone yang dibuat selama 14 bulan itu mampu terbang selama 90 hari. Agar tetap melayang, pesawat itu dirancang tetap bergerak dalam radius 3 kilometer. Adapun sumber dayanya berasal dari tenaga surya.

Drone yang dinamakan Aquilla itu akan memancarkan sinyal internet nirkabel pada base stations di area terpencil berbagai negara seperti Nigeria dan India. Meski selebar Boeing 737, beratnya ratusan kali lebih ringan karena memakai frame karbon fiber. Tujuannya agar drone itu bisa melayang di udara dengan stabil.

Advertisement

Drone melayang-layang di ketinggian sekitar 20 sampai 30 kilometer, lebih tinggi dari pesawat komersial. Tujuannya adalah agar tak terganggu oleh perubahan cuaca.

“Misi kami adalah untuk menghubungkan setiap orang di dunia dengan internet. Ini akan menjadi kesempatan besar bagi kami untuk memotivasi industri agar bergerak lebih cepat dengan teknologi ini,” kata Jay Parikh, Vice President of Engineering Facebook.

Facebook yang saat ini memiliki sekitar 1,3 miliar pengguna aktif tidak berencana menjual drone itu melainkan benar-benar digunakan sendiri untuk menyebar akses internet. Tapi mengingat kompleksnya teknologinya, diprediksi masih butuh waktu cukup lama sebelum niat Facebook menyebar internet dengan drone jadi kenyataan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif