Otomotif
Sabtu, 1 Agustus 2015 - 07:10 WIB

SEPEDA MOTOR YAMAHA : YIMM Datangkan R1 dan R1M ke Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Valentino Rossi bersama Yamaha R1. (Autoevolution.com)

Sepeda motor Yamaha YZF-R1 didatangkan ke Indonesia untuk uji tipe.

Solopos.com, SOLO – Indonesia dipastikan kebagian jatah sepeda motor Yamaha R1 terbaru. Motor super (superbike) itu akan didatangkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara utuh (CBU) dari Jepang.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Solopos.com di laman TPT Online yang dikelola Kementerian Perindustrian, Kamis (31/7/2015), tampak kode RN32 dan RN32 ERS yang didaftarkan oleh YIMM untuk keperluan uji tipe telah disetujui.

Seperti diketahui, RN32 merupakan itu merupakan kode internasional milik sepeda motor Yamaha R1 model 2015. Sedangkan RN32 ERS kuat kemungkinannya adalah Yamaha R1M. Dengan disetujuinya unit uji tipe tersebut, dapat dipastikan dua motor super (superbike) itu akan dijual di Tanah Air tidak lama lagi.

Pengamat otomotif Taufik Hidayat berpendapat, keputusan YIMM mendatangkan R1 dan R1M terbaru adalah langkah yang tepat. Ketangguhan R1 juga sudah terbukti setelah dibawa ngebut selama delapan jam di perlombaan balap motor Suzuka 8 Hours Endurance Race 26 Juli 2015 lalu.

Advertisement

“Momennya cukup pas. Yamaha sedang memimpin posisi teratas di Motogp bersama Rossi dan Lorenzo, terus R1 juga juara Suzuka 8 Hours Endurance bahkan akan ke WSBK tahun depan. Ini bisa jadi stimulus buat penjualan,” terang Taufik.

Dikutip dari laman resmi Yamaha Eropa, sepeda motor Yamaha R1 dibekali mesin DOHC 998 cc empat silinder segaris berteknologi crossplane crankshaft seperti yang terdapat pada Yamaha M1 di Motogp.

Menggunakan transmisi enam percepatan, Yamaha R1 dapat mampu menghasilkan tenaga 200 hp dan torsi 112,4 Nm dengan kecepatan maksimal mencapai 320 km/jam.

Advertisement

Di benua Eropa, sepeda motor Yamaha R1 dijual seharga 14.999 poundsterling atau sekitar Rp314 jutaan. Sedangkan harganya di India berada di angka 1.199 baht atau sekitar Rp279 jutaan.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif