Otomotif
Sabtu, 1 Agustus 2015 - 08:30 WIB

RECALL SEPEDA MOTOR : Starter Bermasalah, 45.153 Unit Honda Big Bike Ditarik

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Honda Big Bike. (Jackbiker.com)

Recall sepeda motor menimpa jajaran Honda Big Bike di Amerika Serikat.

Solopos.com, CALIFORNIA – Honda menarik kembali (recall) 45.153 unit sepeda motor gede (moge) seri Honda Big Bike yang dipasarkan di Amerika Serikat (AS). Recall itu dilakukan karena terjadi permasalahan pada sektor starter dan kelistrikan.

Advertisement

Berdasarkan data Lembaga Nasional Keselamatan Berkendara AS (NHTSA) yang dilansir laman Autoevolution, Kamis (30/7/2105), sebanyak 45.153 unit sepeda motor yang terkena recall itu terdiri dari seri Shadow, CTX, Fury, CRF, CB, CBR, NC dan NM yang diproduksi antara 2014 hingga 2015.

NHTSA mengatakan permasalahan pada sepeda motor yang di-recall itu terdapat pada sealant relay starter. Kerusakan pada bagian itu berpotensi mengakibatkan korsleting arus listrik dan percikan api.

Membernarkan hal tersebut, Honda dalam siaran resminya menjelaskan bahwa saat perakitan part tersebut, kemungkinan ada seal yang dipasang kurang presisi. Akibatnya, ada kemungkinan terjadi gangguan arus antara baterai dan sistem kelistrikan.

Advertisement

Celakanya, empat model dari seri Honda Big Bike yang terkena recall itu rupanya juga dipasarkan di Indonesia oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Keempat model itu adalah Honda NM4 Vultus, CB500X, CB500F dan CBR650F. Kendati demikian, AHM belum memberi pengumuman apapun terkait hal tersebut.

Awal Juli 2015 lalu, recall sepeda motor dengan masalah serupa juga sempat dilakukan Honda terhadap 29.232 unit seri Honda Big Bike . Bedanya, saat itu recall hanya dilakukan di Jepang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif