Soloraya
Sabtu, 1 Agustus 2015 - 19:15 WIB

PERTANIAN SUKOHARJO : 7.484 Ha Sawah Terancam Bera

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lahan pertanian di Sukoharjo. (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)

Pertanian Sukoharjo diterpa ancaman lahan bera karena kemarau diprediksi panjang.

Solopos.com, SUKOHARJO – Lahan pertanian seluas 7.484 hektare di sepanjang saluran Dam Colo Timur terancam tak bisa ditanami alias bera menyusul fenomena El Nino dan rencana penutupan Dam Colo Timur pada 1 Oktober mendatang.

Advertisement

Ketua Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur, Jigong Sarjanto, mengungkapkan berdasar perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim kemarau tahun ini cukup panjang.

“Saat ini belum ada sawah yang bera karena pasokan air tercukupi. Sebagian lahan pertanian di Sukoharjo mengandalkan pasokan air dari Dam Colo,” katanya saat dihubungi Espos, Sabtu (1/8).

Biasanya saat Dam Colo Timur ditutup, para petani tetap mengolah sawah dengan mengandalkan pasokan air dari beberapa embung dan sumur pantek. Namun, saat Dam Colo Timur ditutup, debit air embung dan sumur pantek bakal menyusut drastis.

Advertisement

Kondisi ini diperparah dengan adanya fenomena El Nino yang diprediksi memicu kemarau panjang hingga November.

Apabila tak ada pasokan air setelah Dam Colo Timur ditutup maka dikhawatirkan lahan pertanian bakal gagal panen. Selama ini, Dam Colo Timur memasok air ke lahan pertanian yang tersebar di enam kecamatan yakni Kecamatan Nguter, Sukoharjo, Bendosari, Grogol, Polokarto dan Mojolaban.

Lebih jauh, Jigong meminta instansi terkait segera mencari solusi alternatif agar lahan pertanian tetap bisa dipanen saat musim kemarau.

Advertisement

Di sisi lain, seorang petani asal Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Warsidi, 38, mengungkapkan tak ada permasalahan serius ihwal pasokan air ke persawahan selama musim kemarau.

“Saat Dam Colo Timur ditutup saya tetap bercocok tanam dan mengambil pasokan air dari embung,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif