Teknologi
Sabtu, 1 Agustus 2015 - 16:00 WIB

KONTROVERSI ALIEN : Cari Alien, Ilmuwan Teliti Planet Saudara Bumi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepler 452b (mirror.co.uk)

Kontroversi alien masih menyisakan banyak hal tak terungkapkan

Solopos.com, SOLO –Para ilmuwan dan peneliti di dunia masih berhasrat untuk memecahkan kontroversi alien di luar angkasa. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan meneliti planet terbaru saudara Bumi, Kepler 452b.

Advertisement

Dilansir Space.com, Jumat (31/7/2015), para peneliti yang tergabung dalam SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) yang akan melakukan hal itu.

SETI merupakan organisasi yang mewadahi aktivitas-aktivitas penelitian luar angkasa yang dilakukan lebih dari sembilan miliar orang di seluruh dunia.

SETI juga terlibat dalam program pencarian alien, Breakthrough Listen, yang dicanangkan taipan Rusia, Yuri Milner dan pakar kosmologi terkenal, Stephen Hawking.

Advertisement

SETI akan memanfaatkan Teleskop Allen untuk mendeteksi sinyal pada Kepler 452b. Teleskop Allen merupakan sebuah teleskop yang dilengkapi 42 antena radio untuk mendeteksi sinyal-sinyal di luar angkasa.

Sejauh ini, mereka telah mencoba mendeteksi kehidupan alien di Kepler 452b menggunakan dua miliar saluran frekuensi yang berbeda. Namun usaha itu belum membuahkan hasil yang memuaskan.

“Hal itu tidak akan membuat kami menyerah [meneruskan mencari alien]. Bakteri, trilobites, dan dinosaurus merupakan makhluk hidup Bumi yang hidup berjuta tahun lalu. Meskipun mereka tidak membangun radio transmitter, kehidupan mereka dapat diketahui oleh manusia yang hidup zaman sekarang,” terang peneliti luar angkasa senior SETI, Seth Shostak.

Advertisement

SETI belum akan menghentikan usaha mereka memecahkan kontroversi alien. Mereka akan tetap mencoba mengutak-atik frekuensi yang tepat untuk mendeteksi kehidupan alien di planet Kepler 452b. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif