Teknologi
Jumat, 31 Juli 2015 - 15:10 WIB

RAKSASA TEKNOLOGI : Samsung vs Apple, Inilah Produsen Ponsel Terbesar Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Samsung (Technobuffalo.com)

Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung, berada tipis di atas Apple untuk lini penjualan ponsel.

Solopos.com, SEOUL — Samsung masih menjadi produsen ponsel terbesar di dunia. Berdasarkan laporan terbaru Strategy Analytics, Samsung berada tipis di atas Apple.

Advertisement

Riset pasar di kuartal II 2015 dari Strategy Analytics menggabungkan penjualan feature phone dan smartphone. Samsung di posisi satu memiliki pangsa pasar 20,5% dengan penjualan 89 juta unit. Agak menurun dari jumlah tahun lalu sebanyak 95,3 juta unit.

Di posisi dua ada Apple yang hanya dengan penjualan smartphone, meraih 10,9% market share dengan penjualan 47,5 juta unit. Meningkat dari periode yang sama tahun lalu dengan penjualan 35,2 juta unit.

Ranking ketiga ditempati vendor ponsel asal Tiongkok, Huawei yang punya pangsa pasar 7% dan penjualan 30,6 juta unit, naik dari 20,6 juta unit. Huawei menyalip Microsoft yang sekarang di posisi keempat denganmarket share 6,4% serta penjualan 27,8 juta unit.

Advertisement

Microsoft dibantu penjualan ponsel Nokia di kelas bawah yang masih bagus. Tapi penjualan mereka menurun drastis dari jumlah 50,3 juta unit tahun lalu.

Adapun Xiaomi menempati ranking 5 dengan pangsa pasar 4,6% serta penjualan 19,8 juta unit. Naik dari angka 15,2 juta unit pada tahun 2014.
“Samsung telah menstabilkan volume penjualan di segmen high end, tapi di kelas bawah menghadapi tantangan intens dari rival seperti Huawei di Asia,” kata Woody Oh dari Strategy Analytics seperti dilansir ZDNet, Jumat (31/7/2015).

“Apple naik karena konsumen di Tiongkok dan tempat-tempat lain melakukan upgrade ke model Iphone 6 dan Iphone 6 Plus dengan layar besar. Sedang Xiaomi masih pemain utama di pasar China, tapi pertumbuhan lokal dan internasionalnya melambat dan Xiaomi menghadapi tantangan intens dari Huawei, Meizu dan lainnya,” tambah Oh.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif