Teknologi
Jumat, 31 Juli 2015 - 07:10 WIB

PENEMUAN BARU : Arkelog Temukan Gigi Manusia Berusia 550.000 Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gigi manusia berusia 560.000 tahun (Mirror.co.uk)

Penemuan baru berupa gigi manusia yang hidup sekitar 550.000 tahun lalu.

Solopos.com, PERPIGNAN – Sepasang arkeolog muda berhasil menemukan gigi manusia yang hidup sekitar 550.000 tahun yang lalu.  Gigi manusia dewasa itu ditemukan pekan lalu di Tautavel, Pyrenees, Prancis timur.

Advertisement

Para ahli berharap penemuan baru itu bisa memberikan kontribusi baik untuk mempelajari manusia yang hidup di Eropa ribuan tahun lalu. Penemuan bagian tubuh manusia itu merupakan yang tertua dari yang sebelumnya pernah ditemukan di negara itu. Pada penemuan sebelumnya, arkeolog menemukan bagian tubuh manusia yang hidup sekitar 100.000 tahun lalu.

Para arkeolog remaja menemukan gigi dari manusia purba itu di sebuah gua di Caune de l’Arago di Tautavel dekat Perpignan, Prancis.  Situs ini diakui sebagai rumah Tautavel Man atau Homo Erectus berusia 450.000 tahun lalu.

“Sebuah gigi dari manusia dewasa –kami tidak bisa mengatakan apakah itu dari laki-laki atau perempuan- kami menemukannya saat menggali tanah. Kami tahu untuk menjadi tua antara 550.000 dan 580.000 tahun, karena kami menggunakan metode penanggalan yang berbeda,” ujar seorang paleontologis, Amelie Viallet, sebagaimana dilansir Mirror.co.uk, Rabu (29/7/2015).

Advertisement

Penemuan baru ini menjadi salah satu penemuan besar lantaran para ahli hanya memiliki sedikit fosil manusia dari masa tersebut di Eropa.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif