News
Kamis, 30 Juli 2015 - 18:10 WIB

MISTERI GUNUNG LAWU : Sosok Misterius Eyang Lawu dan Cahaya Biru di Pencitraan Satelite

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Eyang Lawu (plus.google.com)

Misteri Gunung Lawu tak bisa lepas dari sosok misterius Eyang Lawu.

Solopos.com, SOLO – Misteri Gunung Lawu selalu menyimpan berbagai kisah-kisah mitologis yang menjadi buah bibir warga sekitar. Selain, legenda Kiai Jalak Lawu, di Gunung Lawu juga berkembang kisah mistis tentang sosok eyang Lawu.

Advertisement

Salah satu tim Resque Karanganyar, Maryoto, mengungkap tanya tentang sosok eyang Lawu. Sosok yang satu ini sering diceritakan tapi tak banyak diketahui asal usulnya.

Maryoto  yang sudah sangat akrab dengan Gunung Lawu juga menyebutkan jika gunung ini termasuk paling angker dan menyimpan banyak misteri yang belum pernah terungkap.

“Kalau terangker mungkin iya karena sampai sekarang Lawu itu belum terungkap misteri atau jati diri Lawu. Contoh yang paling nyata sampai sekarang tidak pernah ditemukan kuburan eyang Lawu & Sunan Lawu,” jelasnya di Posko pendakian Cemoro Kandang, Rabu (12/3/2014), seperti dikutip Solopos.com dari Okezone.

Advertisement

Menurut cerita leluhur yang didapat dari Sardi salah satu pemilik warung di sekitar pos pendakian Cemoro Kandang menyebutkan jika Gunung Lawu merupakan pusat kegiatan spiritual di Tanah Jawa dan ada hubungan dekat dengan tradisi dan budaya keraton Solo dan Yogyakarta misalnya upacara labuhan setiap bulan Sura.

“Gunung Lawu sangat populer untuk kegiatan pendakian. Setiap malam 1 Sura banyak orang berziarah dengan mendaki hingga ke puncak. Dan tiap  suro selalu diadakan upacara sesaji di gunung Lawu,” jelasnya.

Seorang pendaki bernama Oky juga mengungkap keanehan di Lawu. “Keanehan lainnya itu bagi orang yang pertama kali mendaki puncak Lawu pasti bingung, di mana puncak Lawu yang sesungguhnya. Puncak Lawu juga penuh mistik, karena letak puncak Lawu justru berada di tengah dan seolah ditutupi,” kata dia, seperti dikutip Solopos.com dari Okezone, Kamis (30/7/2015).

Advertisement

“Bahkan jika kita membuka Google Map di Lawu sebelah barat tertutup cahaya warna kebiruan. Kalau tidak percaya, silakan buka Google Map untuk mengetahui di mana Lawu berada,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif