News
Kamis, 30 Juli 2015 - 12:10 WIB

HARGA EMAS HARI INI : Dolar Terus Menguat, Emas Comex Turun 0,33%

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi emas batangan (telegraph.co.uk)

Harga emas hari ini untuk acuan Comex terus mengalami penurunan.

Solopos.com, NEW YORK – Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah karena dolar AS menunjukkan penguatan menjelang konferensi pers tentang suku bunga Federal Reserve.

Advertisement

Seperti dilansir Xinhua, Kamis (30/7/2015), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus turun US$3,6, atau 0,33%, menjadi menetap di US$1.092,60 per ounce.

Sebuah konferensi pers diharapkan setelah penutupan pasar di mana bank sentral AS akan menunjukkan pemikiran mereka tentang kenaikan suku bunga.

Para analis awalnya memperkirakan suku bunga akan naik pada Juni, namun karena data ketenagakerjaan AS lebih lemah dari perkiraan, perkiraan itu didorong kembali ke September.

Advertisement

Kenaikan suku bunga The Fed mendorong investor menjauh dari emas dan menuju aset-aset dengan pengembalian (return), karena logam mulia tidak mengenakan suku bunga. Belum ada kenaikan suku bunga The Fed sejak Juni 2006, sebelum awal krisis keuangan Amerika.

Sebuah laporan yang dirilis oleh National Association of Realtors pada Rabu memberikan dukungan kepada harga emas karena menunjukkan penjualan “pending home” (rumah yang pengurusannya belum selesai) jatuh 1,8% pada Juni. Penurunan ini lebih buruk dari yang diperkirakan. Analis mencatat bahwa pelemahan itu terjadi di Selatan dan Midwest, sementara Barat dan Timur Laut menunjukkan sedikit kenaikan.

Indeks US$ naik 0,11% menjadi 96,76 pada pukul 17.20 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama. Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik, emas berjangka akan jatuh, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Advertisement

Perak untuk pengiriman September naik 10,1 sen, atau 0,69%, menjadi ditutup pada US$14,743 per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun US$1,5, atau 0,15%, menjadi ditutup pada US$984,90 per ounce.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif