Sport
Kamis, 30 Juli 2015 - 03:25 WIB

HAMBURG OPEN 2015 : Nadal Nyaris Tumbang, Roddick Kembali

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Performa Rafael Nadal belum kembali prima. Turun di turnamen Hamburg Open, Nadal nyaris tumbang di babak awal. Ist/rafaelnadalfans.com

Hamburg Openg 2015 dimulai. Dalam laga pembuka, mantan penenis nomor satu dunia Rafael Nadal sudah nyaris tumbang.

Solopos.com, HAMBURG—Rafael Nadal nyaris tumbang di laga perdana Hamburg Open 2015. Ini merupakan penampilan pertama mantan petenis nomor 10 dunia itu setelah gagal di Grand Slam Wimbledon 2015. Unggulan teratas ini lolos dari jurang kekalahan dengan menundukkan Fernando Verdasco, 3-6, 6-1, 6-1, di Hamburg, Jerman, Selasa (28/7/2015) waktu setempat.

Advertisement

Partai ini adalah kali pertama Nadal kembali memegang raket setelah kandas di tangan Dustin Brown di babak kedua Wimbledon. Petaka itu membikin Nadal terjun bebas ke peringkat ke-10 dunia. Prestasi ini adalah yang terburuk sepanjang satu dekade karier Nadal di tenis.

“Bagi mental saya sangat penting menyelesaikan pertandingan dengan hasil yang lebih baik. Bisa membuat perubahan adalah hal yang sangat positif bagi saya,” ujar Nadal, dilansir Sports.yahoo.com, Rabu (29/7/2015).

Ya, petenis yang kini terjebak di peringkat ke-10 dunia itu hendak menghapus luka setelah tak bisa berprestasi dalam dua ajang grand slam, yakni French Open dan Wimbledon. Di French Open ia tak mampu mempertahankan gelar lantaran tumbang di perempat final. Sedangkan di Wimbledon Nadal lebih nahas karena terdepak di babak kedua.

Advertisement

Bukan tanpa alasan petenis Spanyol ini bersedia tampil di Hamburg. Nadal mau turun karena ajang ini menggunakan lapangan tanah liat. Bagaimana pun petenis yang sudah meraih 14 gelar grand slam ini adalah petenis paling ahli lapangan jenis itu. Ia ingin memanfaatkan turnamen tersebut untuk mengembalikan kepercayaan diri yang hancur karena serangkaian kekalahan.

Di samping itu, ini menjadi penampilan Nadal di Hamburg untuk kali pertama setelah tujuh tahun. Kali terakhir ia unjuk gigi di musim 2008 dan juara. Selepas itu, petenis kidal ini tak pernah menginjakkan kaki di ajang level ATP World Tour 500 ini. Di musim itu Nadal menjadi kampiun dengan menundukkan Roger Federer di partai final.

Sementara itu, mantan petenis nomor satu dunia, Andy Roddick, kembali dari pensiun dengan bermain di nomor ganda bersama sang rekan, Mardy Fish. Ia akan berpartisipasi dalam ajang Atlanta Open 2015, pekan ini. atlanta ia pilih karena untuk kali pertama Roddick merebut titel ATP di sini, di musim 2001.

Advertisement

“Saya seperti anak kecil yang terlalu tua untuk kembali ke kelas menari di sekolah. Saya pertama juara di sini. Saya senang mendapat kesempatan semacam ini,” jelas Roddick. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif