Teknologi
Kamis, 30 Juli 2015 - 17:10 WIB

FENOMENA ALAM : Inilah Penyebab Warna Bulan Bisa Berubah

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perubahan warna bulan (spaceweather.com)

Fenomena alam perubahan warna bulan dipengaruhi beberapa faktor yakni sinar matahari dan atmosfer bumi.

Solopos.com, SOLO – Apakah Anda kerap mengamati warna bulan yang kerap beubah-ubah? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan warna bulan yakni sinar matahari dan atmosfer bumi.

Advertisement

Sebagaimana diberitakan Timeanddate.com, sinar matahari sebenarnya memiliki berbagai macam warna. Sinar tersebut berubah ketika masuk atmosfer Bumi. Setelah mencapai Bumi, sinar matahari akan dipantulkan Bumi ke bulan. Sinar matahari menjadi salah satu unsur penentu warna bulan.

Tak hanya sinar matahari, atmosfer Bumi ternyata juga berperan sangat krusial memberi efek warna pada bulan. Unsur dan partikel yang ada dalam atmosfer seperti gas, senyawa awan, dan debu mempengaruhi hasil pantulan sinar matahari yang akan diterima bulan. Dalam keadaan sejajar, bulan hanya akan menerima pantulan cahaya dari atmosfer Bumi.

Warna bulan yang berubah-ubah menjadi fenomena alam yang menarik untuk diamati. Sebagai contoh, fenomena alam blue moon (bulan berwarna biru) yang akan terjadi Jumat (31/7/2015). Dilansir Cnn.com, fenomena Blue Moon terakhir muncul pada tahun 1950. Saat itu, Bulan benar-benar terlihat berwarna biru akibat partikel-partikel debu dan asap yang ada di awan. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif