Teknologi
Rabu, 29 Juli 2015 - 05:50 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Ilmuwan Inggris Rancang Plester Canggih

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi plester (JIBI/Dok)

Teknologi terbaru untuk penyembuhan luka lebih cepat dengan plester canggih.

Solopos.com, LONDON – Sejumlah ilmuwan di Inggris membuat terobosan dalam dunia kesehatan lewat hasil penelitian terbaru baru-baru ini. Mereka berhasil membuat plester elektrik yang dapat menyembuhkan luka lebih cepat.

Advertisement

Dilansir Dailymail.co.uk, Senin (27/7/2015), ilmuwan yang berasal dari Imperial College Healthcare NHS Trust sedang melakukan uji coba hasil penelitian mereka itu. Mereka yakin plester tersebut dapat membantu proses penyembuhan luka di tubuh manusia.

Uji coba tersebut melibatkan 40 orang yang menawarkan diri secara sukarela. Mereka dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing beranggota 20 orang.

Dalam uji coba itu, salah satu kelompok diminta memakai plester elektrik selama empat jam sehari hingga lima hari mendatang. Para peneliti akan mengamati proses kerja plester elektrik itu.

Advertisement

Cara kerja Geko, nama plester tersebut, ialah menghasilkan arus listrik tegangan rendah yang diteruskan ke tubuh manusia melalui pembuluh darah. Arus listrik itu akan mengalir ke bagian kaki, dan membantu melancarkan peredaran darah di kaki.

Para peneliti berpendapat peredaran darah yang kurang lancar bisa menghambat proses penyembuhan luka pada manusia. Hal itu juga dapat mengakibatkan kesemutan, kaki mati rasa, kerontokkan bulu-bulu kaki, dan varises. Mereka optimis hasil penelitiannya lolos uji dan bermanfaat untuk manusia. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif