Jogja
Rabu, 29 Juli 2015 - 17:20 WIB

PILKADA GUNUNGKIDUL : Tes Kesehatan Bisa Gagalkan Calon yang Tak Layak

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Pilkada Gunungkidul sampai pada tahapan tes kesehatan pasangan calon

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Paskapendaftaran calon kepala daerah, KPU Gunungkidul bekerjasama dengan Ikatan Doker Indonesia (IDI) akan melakukan tes kesehatan bagi pasangan calon. Rencananya pemeriksanaan ini dilakukan selama dua hari, mulai hari ini hingga Kamis (30/7/2015).

Advertisement

Ketua KPU Gunungkidul M Zainuri Ikhsan mengatakan, cek kesehatan merupakan bagian dari tahapan pencalonan. Sebelum ditetapkan calon kepala daerah, harus melalui tes tersebut untuk memastikan kesiapan secara fisik maupun rohani sebagai pemimpin hingga masa jabatannya berakhir.

“Kita sudah bekerjasama dengan IDI maupun dengan RSUD Wonosari. rencananya pemeriksaan dilakukan selama dua hari,” kata Ikhsan kepada wartawan, Selasa (28/7/2015).

Dia menjelaskan, pemeriksaan akan dilakukan secara bergantian. Untuk hari ini, rencananya masih sebatas koordinasi mengenai penetapan jadwal tes bagi masing-masing pasangan calon. “Mungkin tesnya baru dilakukan di hari kedua,” ujarnya.

Advertisement

Disinggung mengenai berapa jumlah tes yang akan dilalui, Ikhsan mengaku tidak bisa menyebutkan dengan pasti, sebab tes yang dilakukan hampir menyamai tes yang dilakukan dalam pendaftaran pemilihan presiden. Meski demikan, ia menegaskan tes tersebut menyangkut mengenai kesehatan fisik maupun jiwa dari calon yang bersangkutan.

“Jika memang nanti gagal di tes tersebut, maka partai pengusung diperbolehkan menggantinya dengan calon yang lain. Tapi syaratnya harus tetap mendapatkan rekomendasi dari DPP,” seru dia.

Lebih jauh dikatakan, Ikhsan untuk kelancaran tes tersebut, selain mendatangkan dua dokter spesialis dari RSUP Sardjito, juga akan mengambil beberapa alat dari rumah sakit tersebut. hal ini dilakukan karena fasilitas milik RSUD belum cukup memadai untuk mendukung tes itu.

Advertisement

“Kita sudah komunikasikan dan semuanya sudah dipersiapkan untuk besok [hari ini],” ungkap Ikhsan.

Sementara itu, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi RSUD Wonosari Aris Suryanto mengatakan, pihaknya sudah siap untuk pelaksanaan tes kesehatan bagi calon kepala daerah. Beberapa peralatan yang dipersiapkan di antaranya Ultra Sonografi, alat mengukur kesehatan jantung, treadmill serta alat penunjang lain di laboratorium dan radiologi.

“Kita sudah siap dan juga telah membuat tim untuk pemeriksaan calon kepala daerah,” kata Aris, kemarin.

Dia menjelaskan, ruangan yang digunakan pemeriksakan dilakukan gedung komite medik. Sementara itu, untuk pemeriksaan laboratorium dan radiologi dilakukan di masing-masing tempat tersebut. “Kami tinggal melaksanakan, sebab semua persiapan sudah dilakukan,” katanya lagi.

Advertisement
Kata Kunci : Pilkada Gunungkidul
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif