Teknologi
Selasa, 28 Juli 2015 - 04:40 WIB

TEKNOLOGI BARU : Komputer Ini Bisa Masak

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - June, si oven pintar (CNN.com)

Teknologi baru ini dibikin mantan teknisi Apple yang membuat komputer dengan kemampuan memasak.

Solopos.com, SOLO – Apa yang akan terjadi jika mantan teknisi  Apple ditempatkan di dapur? Jawabannya adalah bisa menghasilkan sebuah terobosan alat masak dengan kemampuan smartphone.

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Senin (27/7/2015) dari CNN.com, mantan teknisi Apple Matt Van Horn dan Nikhil Bhogal menciptakan June, sebuah oven dengan sistem komputer yang mampu berpikir layaknya seorang koki.

Van Horn dan Bhogal menciptakan oven bersistem komputer yang mampu memasak segala jenis makanan. Produk ini  dipasangi sensor pengenal untuk mengetahui jenis makanan dan instruksi memasak makanan tersebut.

Satu setengah tahun yang lalu, Van Horn dan Bhogal meninggalkan pekerjaan mereka sebagai teknisi di perusahaan Apple. Mereka melakukan inovasi dan merancang konsep pembuatan oven ajaib ini.

Advertisement

Produk ini tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Terlebih lagi June dilengkapi aplikasi smartphone  yang akan memberikan pemberitahuan saat makanan sudah siap disajikan.

Produk ini dibanderol dengan harga US$1.495 atau sekitar Rp20 juta. “Oven ini memiliki kemampuan seperti smartphone dan tablet. Singkatnya ini adalah komputer yang bisa memasak.” terang Bhogal.

Meskipun produk ini diluncurkan bulan Juni lalu, tapi June baru bisa dijual bebas pada 2016 mendatang.

Advertisement

Van Horn dan Bhogal menggandeng Robert Burner untuk membuat desain oven tersebut. Brunner dikenal sebagai desainer model untuk produk elektronik seperti Beats by Dre, dan desain kamera polaroid.

“Kami ingin membuat desainnya secantik mungkin, jadi kami memperhatikan setiap bagian luarnya, detailnya dan fungsinya.” papar Brunner.

June saat ini memiliki 23 pegawai, industry ini  berkantor disalah satu kota di San Francisco. Para pegawai tersebut bekerja di sebuah dapur besar dengan segala peralatannya. Mereka disodori makanan mulai dari chocochip sampai steak yang digunakan sebagai data untuk menguji kemampuan June. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif