Soloraya
Selasa, 28 Juli 2015 - 23:30 WIB

Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Sukoharjo Bikin Resah

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Facebook (Facebook)

Akun Facebook mengatasnamakan Bupati Sukoharjo membuat resah.

Solopos.com, SUKOHARJO — Warga Kartasura, Sukoharjo, Budi Santoso, 53, menemukan akun Facebook dengan nama Bupati Wardoyo Wijaya, April lalu.

Advertisement

Dalam perbincangan di kotak pesan, Bupati Wardoyo Wijaya mengisyaratkan ingin mencari cara untuk menghimpun dana kampanye Pilkada 2015, 9 Desember mendatang. Namun, setelah diklarifikasi Wardoyo yang juga Bupati Sukoharjo membantah akun tersebut miliknya.

Budi Santosa saat ditemui wartawan di Sukoharjo, Selasa (28/7), mengatakan dia menemukan akun Bupati Wardoyo Wijaya saat berselancar di Facebook, April lalu. Mendapati hal itu Budi lantas mengirim permintaan pertemanan. Tak lama permintaannya disetujui hingga akhirnya keduanya menjadi teman.

Budi mengira pemilik akun itu adalah Bupati yang sebenarnya. Suatu ketika Budi mengirim pesan ucapan selamat malam kepada Bupati Wardoyo Wijaya. Namun, setelah ditunggu beberapa hari tak dijawab.

Advertisement

“Lalu awal Juli lalu saya mengirim foto lama saya saat Pak Wardoyo bertemu dengan saya. Foto itu direspons. Bupati Wardoyo Wijaya bertanya kapan foto itu diambil. Puncaknya, Bupati Wardoyo Wijaya tahu-tahu mengirim pesan ke kotak pesan saya yang pada intinya ingin mencari dana kampanye,” kata Budi.

Seperti diketahui, Wardoyo yang juga Ketua DPC PDIP Sukoharjo merupakan cabup yang akan maju dalam pilkada melalui partainya. Dia didampingi cawabup Purwadi. Curiga dengan temuan itu Budi lalu berupaya mencari kejelasan kepada Wardoyo dengan berbagai cara. Dia pun kaget karena saat mendapatkan jawaban Wardoyo tidak pernah punya akun Facebook. Wardoyo memastikan pemilik akun tersebut bukan dirinya.

“Kalau saya lihat akun dibuat 2010. Temannya sudah ribuan orang. Khawatirnya akun itu digunakan untuk hal-hal yang tidak baik,” imbuh Budi.

Advertisement

Ketua Tim Pemenangan Wardoyo-Purwadi (Wardi) yang mendapat perintah langsung dari Wardoyo untuk memberi penjelasan, Nurjayanto, kepada wartawan menyatakan akun Bupati Wardoyo Wijaya bukan milik Wardoyo. Menurut dia Wardoyo tidak mempunyai dan tidak akan membuat akun Facebook yang bertujuan untuk hal-hal yang tidak baik.

“Itu perbuatan orang yang ingin menjatuhkan Pak Wardoyo. Kami akan telusuri siapa pembuatnya,” kata Bendahara DPC PDIP Sukoharjo itu.

Penelusuran Espos, akun Bupati Wardoyo Wijaya menggunakan foto Wardoyo sebagai foto profil. Foto itu dalam posisi sedang duduk mengenakan baju safari berpeci hitam memegang pena dan berkas. Dia memiliki 1.972 teman. Pada riwayat, akun Bupati Wardoyo Wijaya kali pertama menginformasikan mulai bekerja di Bupati Sukoharjo 2010. Informasi itu diisi pada Juni 2010.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif