Jateng
Selasa, 28 Juli 2015 - 06:50 WIB

ADHI MAKAYASA : Anak Petani Gunungkidul Lulusan Terbaik Akmil

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penganugerahan Adhi Makayasa (tni.mil.id)

Adhi Makayasa untuk lulusan terbaik Akmil tahun ini jatuh kepada Angger Panduyuda.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — Letnan Dua Angger Panduyuda, putra petani asal Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi lulusan terbaik Akademi Militer tahun 2015. “Orang tua saya petani,” kata Angger ketika dijumpai wartawan di Akademi Kepolisian Semarang, Senin (27/7/2015).

Advertisement

Angger merupakan satu dari ratusan lulusan empat akademi TNI-Polri yang akan dilantik kelulusannya oleh Presiden Joko Widodo. Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo dijadwalkan dalam agenda kepresidenan melantik perwira lulusan TNI dan Polri tahun 2015 di Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/7/2015).

Pendidikan militer putra pasangan Iswandi dan Dwi Supriyanti tersebut berawal ketika dirinya diterima di Sekolah Taruna Nusantara Magelang. “Setelah ikut olimpiade nasional diterima masuk ke Taruna Nusantara. Kemudian dapat beasiswa KSAD,” ungkap Angger.

Menurut dia, kelancaran dan kesuksesan dalam menempuh pendidikannya ini tidak lepas dari dukungan kedua orang tua. Angger merupakan satu dari empat lulusan terbaik masing-masing akademi TNI dan Polri yang akan memperoleh penghargaan Adhi Makayasa.

Advertisement

Selain Angger, lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara yang berhak atas penghargaan Adhi Makayasa adalah Letnan Dua Dito Sigit Kuncoro, dari Akademi Angkatan Laut Letnan Dua Adyksa Yudistira, dan dari Akademi Kepolisian Inspektur Dua Fauzi Pratama.

Hadap Presiden
Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik para perwira lulusan TNI dan Polri tahun 2015 di Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah, Kamis. Dalam kesempatan itu, Presiden akan menyerahkan langsung penghargaan Adhi Makayasa kepada para lulusan terbaik setiap akademi.

Presiden akan menjadi inspektur upacara Presetya Perwira TNI-Polri yang lulus tahun ini, kata Komandan Jenderal Akademi TNI Mayor Jenderal Harry Purdianto. Menurut dia, para taruna lulusan empat lembaga pendidikan TNI-Polri akan dilantik secara bersamaan oleh presiden.

Advertisement

“Bapak Presiden akan menjadi inspektur upacara dan selanjutnya berkenan memberikan pengarahan kepada para lulusan,” tuturnya.

Pada tahun ini, ia telah diluluskan masing-masing Akademi Militer sebanyak 215 siswa, Akademi Angkatan Udara 89 siswa, Akademi Angkatan Laut 100 siswa, dan Akademi Kepolisian 389 siswa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif