Otomotif
Minggu, 26 Juli 2015 - 19:10 WIB

RECALL MOBIL : Pasang Software, Fiat Chrysler Tarik 1,4 Juta Unit Mobil

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Fiat Chrysler (Autotribute.com)

Recall mobil dilakukan Fiat kepada beberapa produknya karena dinilai gampang dibobol hacker.

Solopos.com, DETROIT – Pabrikan mobil Fiat Chrysler akan melakukan penarikan (recall) model Jeep Cherokee 2014 dan beberapa jenis mobil lain. Hal itu dilakukan untuk memasang perangkat lunak (software) anti hacker.

Advertisement

Perusahaan multinasional itu melakukan recall setelah menggelar uji coba dengan melibatkan dua orang hacker. Charlie Miller dan Chris Valasek, duo hacker yang ikut uji coba, berhasil masuk ke sistem operasi mobil dan melakukan beberapa aksi menggunakan mobil itu.

Dilansir Autonews.com, Jumat (24/7/2015), duo hacker itu meretas sistem Internet Jeep Cherokee melalui komputer jinjing (laptop) yang dioperasikan dari rumah. Dalam artikel yang dimuat majalah Wired, mereka berhasil mengacak-acak radio, dan menghidupkan penyeka kaca (wiper) mobil sekaligus air pembersihnya.

Miller dan Valasek juga berhasil mematikan mesin Jeep Cherokee yang saat itu sedang melaju di jalan bebas hambatan. Tak berhenti disitu, mereka berhasil mengambil alih kemudi dan memarkir mobil.

Advertisement

Menanggapi hal itu, pihak Fiat Chrysler menyiapkan software yang mampu mencegah peretas masuk ke sistem mobil. Perangkat lunak terbaru itu dapat diunduh pengguna Jeep Cherokee dan beberapa jenis mobil lain yang termasuk di program recall. Mereka akan diberi alamat laman web yang menyediakan software tersebut.

Fiat Chrysler juga menyediakan perangkat lunak anti hacker di diler-diler mereka. Hal itu untuk mengantisipasi pelanggan yang menyerahkan pemasangan software ke pihak diler. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif