Otomotif
Minggu, 26 Juli 2015 - 03:00 WIB

INOVASI OTOMOTIF : Inggris Berhasrat Ciptakan Mobil Pintar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil kemudi otomatis (Telegraph.co.uk)

Inovasi otomotif tengah digagas Inggris. Negara itu ingin menciptakan sebuah mobil pintar.

Solopos.com, LONDON – Pemerintah Inggris menyipakan dana besar untuk menyokong industri otomotif mereka. Inggris dilaporkan ingin menjadi pionir pencipta mobil pintar dunia.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari Telegraph.co.uk, Jumat (24/7/2015), untuk mewujudkan hasrat tersebut, Negeri Ratu Elizabeth siap menggelontorkan dana senilai 100 juta Poundsterling atau sekitar Rp2 triliun. Dana tersebut akan dimasukkan dalam anggaran musim panas 2015 Inggris untuk menunjang inovasi otomotif mereka.

Organisasi yang telah ditunjuk pemerintah diminta segera membuat konsep mobil pintar mereka. Badan tersebut dituntut menciptakan inovasi membuat mobil yang dapat beroperasi tanpa bantuan manusia.

Menanggapi permintaan tersebut, organisasi yang tak diketahui namanya itu akan menyodorkan proposal awal mereka. Mereka fokus pada aspek keamanan, daya tahan, sistem komunikasi antar mobil, dan efek kemudi otomatis pada pengendara lanjut usia.

Advertisement

Menurut organisasi itu menciptakan mobil driverless memerlukan teknologi canggih dan mahal. Namun aspek keselamatan dan keamanan tak boleh ditinggalkan.

“Inggris dituntut bisa mengatasi masalah perkembangan teknologi untuk mendorong inovasi otomotif dalam negeri dan menciptakan mobil driverless. Pemerintah perlu merekrut pegawai yang kompeten dan mau bekerja keras mewujudkan mobil itu,” ujar pejabat urusan bisnis dan inovasi Inggris, Sajid Javid.

“Dunia sekarang ini membuat industri otomotif terlihat lemah, mendorong inovasi otomotif dan mengadakan uji coba rutin teknologi kemudi otomatis tersebut dapat menjadikan Inggris tempat yang menarik bagi para investor asing,” pungkasnya. (Guruh Putra Tama/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif